Air Terjun Alap-Alap, Keindahan dan Ketenangan yang Tersembunyi | WISESATRAVEL.COM

Air Terjun Alap-Alap, Keindahan dan Ketenangan yang Tersembunyi

Air Terjun Alap-Alap
Keindahan alam Jawa Timur tidak akan pernah ada habisnya bila kita explorasi, banyak sekali tempat-tempat yang indah yang belum terjamah di wilayah Jawa Timur ini, mulai gunung, pantai, danau ataupun air terjun. Memang tidak semua keindahan alam bisa di ungkapkan dan diperkenalkan kepada khalayak umum, banyak pertimbangan yang harus diperhitungkan untuk memperkenalkan suatu tempat kepada masyarakat umum. Bisa karena pertimbangan medan untuk menuju lokasi tersebut sangat berbahaya, atau pertimbangan akibat yang ditimbulkan dari pembukaan suatu tempat wisata terhadap lingkungan. Begitu juga dengan satu tempat ini, air terjun Alap-Alap. Sebenarnya bila dimaksimal untuk wisata tempat ini bisa menambah pemasukan daerah dari sektor wisata, namun karena medan untuk mencapai tempat ini begitu sulit sehingga air terjun Alap-Alap tetap dibiarkan seperti aslinya, tanpa adanya perbaikan dan akses jalan menuju lokasi. Air Terjun Alap-Alap masih berada di area pegunungan Arjuno-Welirang, berada diatas air terjun Kakek Bodo, atau lebih tepatnya terletak di desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Air Terjun Alap-Alap mempunyai tinggi sekitar 40 meter dan mempunyai tiga tingkatan. Debit air terjunan tidak terlalu besar, mengalir melewati cela-cela tebing batu, di bawah terjunan terdapat kolam yang menampung air dan memiliki luas sekitar 60 m2. Untuk mencapai air terjun Alap-Alap kita bisa berjalan kearah selatan sejauh 6 km dari bumi Perkemahan Kakek Bodo, menembus hutan melalui jalan setapak yang licin dan rawan longsor, serta menaiki dan menuruni tebing batu. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Alap-Alap tidak jarang kita temui beberapa satwa, seperti kera, beberapa jenis burung dan serangga yang menghuni wilayah hutan ini. Jalan setapak yang ditumbuhi berbagai vegetasi khas hutan hujan tropis akan menambah segar pandangan mata kita. Setelah melalui perjalanan dengan medan yang lumayan berat selama kurang lebih 2 jam perjalanan, kita akan sampai di air terjun Alap-Alap tempat yang indah dan tenang di kesunyian. Nama air terjun Alap-Alap diambil dari nama salah satu burung pemangsa atau yang lebih dikenal dengan Elang Jawa yang banyak hidup di wilayah Jawa.

Air Terjun Alap-Alap
Karena air terjun Alap-Alap terdiri dari tiga tingkatan trap dari puncak sampai ke dasar, gemuruh air terjunan tidak seperti air terjun pada umumnya, gemuruh air terjun Alap-Alap terdengar lebih unik. Bagi anda yang menyukai wisata yang sedikit ekstrem, mengunjungi air terjun Alap-Alap bisa menjadi tujuan trip selanjutnya. Alam yang masih asri dan jauh dari keramaian akan membuat siapapun yang mengunjungi air terjun ini merasa tenang. Meskipun air terjun Alap-Alap belum dibuka untuk umum, setiap akhir pekan selalu ada saja pengunjung dari kalangan pemuda-pemudi atau pencinta rekreasi ekstrem mengunjungi tempat ini. Sensasi ketenangan dan keindahannya selalu membawa daya tarik bagi semua orang untuk mengunjungi air terjun Alap-Alap. Namun keindahan dan ketenangan air terjun Alap-Alap tidak akan bertahan lama bila kita tidak menjaga kelestariannya, untuk itu marilah semua sobat wisesatravel baik dari pencinta alam, penikmat alam, atau semua penggiat alam bebas untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam kita, tidak hanya air terjun Alap-Alap, melainkan semua wahana wisata alam yang ada di Indonesia, bukan demi kita melainkan demi anak cucu kita agar mereka dapat mengetahui dan menikmati betapa indah dan kayanya alam kita, Indonesia. Selamat Traveling dan nikmati perjalanan anda. :)

2 Responses to "Air Terjun Alap-Alap, Keindahan dan Ketenangan yang Tersembunyi"

  1. Berarti akses menuju ke air terjun alap-alap masih susah? Bgaimana dgn keadaan sekitarnya? Mhn infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih KRESNA sudah berkenan berkunjung ke website kami, akses menuju air terjun Alap-Alap sama dengan menuju Air Terjun Kakek Bodo. Setelah masuk lokasi Air Terjun Kakek Bodo dapat memilih jalan menuju Camping Ground Kakek Bodo, atau melalui (Perijinan Pendakian Arjuno-Welirang) dari Camping Ground Kakek Bodo dapat terus menyusuri jalan setapak menuju Air Terjun Alap-Alap, setapak memang kecil dan pada musim penghujan akan sangat licin.

      Hapus