WISATA KERATON GUNUNG KAWI | WISESATRAVEL.COM

WISATA KERATON GUNUNG KAWI

Selain terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, di Propinsi Jawa Timur juga masih terdapat berbagai peninggalan budaya masa lampau yang sangat menarik dijadikan sebagai tujuan wisata, baik wisata budaya maupun wisata spiritual, Keraton Gunung Kawi adalah salah satunya. Keraton Gunung Kawi berada di dusun Gendugo desa Balesari Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang, terletak persis di kaki Gunung Kawi dan berada di tengah-tengah hutan pinus yang jauh dari keramaian. Berada di ketinggian 1.115 mdpl dan mempunyai suhu udara 22-24 derajat Celcius, untuk menuju Gunung Kawi dari kota Malang bisa ditempuh melalui dua jalur yaitu melalui Wagir dan Sukun, jarak dari kota Malang sekitar 32 km. Namun yang biasa dilalui untuk menuju Gunung Kawi adalah melalui Wagir karena jarak tempuhnya lebih pendek. Keraton Gunung Kawi dibangun oleh Mpu Sindok yang bernama asli Kusuma Wardhani, yang merupakan ratu dari India. Mpu Sindok pindah ke Gunung Kawi setelah pembangunan Candi Borobudur selesai sekitar tahun 861 Masehi. Hijrahnya Mpu Sindok ke Gunung Kawi dikarenakan terjadinya perselisihan di antara dinasti Syailendra yang menyebabkan perebutan kekuasaan dan pertumpahan darah. Hal ini yang menjadi salah alasan mengapa Mpu Sindok meninggalkan kekuasaan yang dimilikinya untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta di Gunung Kawi.

Wisata Keraton Gunung Kawi
Keraton Gunung Kawi bisa di capai sekitar setengah jam dari Pesarehan Eyang Jugo atau yang lebih di kenal dengan wisata spiritual Gunung Kawi, berjarak lebih kurang 3 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua. Memasuki area Keraton Gunung Kawi suasana tenang namun beraroma mistis dapat kita rasakan, berbalut dengan kesejukan dan keteduhan pohon-pohon pinus yang akan banyak kita jumpai di area ini. Di area Keraton Gunung Kawi terdapat tiga lokasi yang bisa kunjungi yaitu Vihara Dewi Kwan Im, Sangar Pamujan dan tempat Pamuksan Prabu Kameswara I yang merupakan generasi kedua Mpu Sindok. Sanggar Pamujan adalah sebuah tempat yang berada lebih tinggi dari semua area yang ada di wilayah Keraton Gunung Kawi, sesuai dengan namanya Sanggar Pamujan, tempat ini berfungsi sebagai tempat bermeditasi, dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Konon semua tempat yang berada di kawasan Keraton Gunung Kawi ini merupakan tempat yang baik untuk mensucikan diri dan mendekatkan diri kepada Pencipta karena selalu diliputi aura positif, sehingga beberapa nama terkenal di Tanah Jawa seperti Ken Arok, Patih Gajah Mada pernah bersemedi dan bermeditasi di sini. Di  masa kemerdekaan pun tempat ini sering dipergunakan sebagai tempat mensucikan diri dan menenangkan diri, pejuang Indonesia seperti Bung Karno dan Supriyadi kerap kali mengunjungi tempat ini.

Di masa sekarang Keraton Gunung Kawi tidak hanya ramai dikunjungi oleh golongan etnis tertentu saja, tapi berbagai kalangan terutama yang berkeinginan lebih mengenal budaya dan mempunyai keinginan untuk lebih mendekatkan diri kepada Pencipta dengan jalan yang mereka yakini. Terlepas dari itu semua, Keraton Gunung Kawi adalah sebuah tempat peninggalan sejarah dan budaya masa lampau yang harus tetap kita jaga kelestarian dan keutuhannya. Karena dengan tetap menjaga keutuhannya, anak cucu kita akan tetap bisa menikmatinya dan akan mengetahui betapa kayanya Nusantara kita ini. Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda

0 Response to "WISATA KERATON GUNUNG KAWI"

Posting Komentar