5 DANAU TERINDAH DI INDONESIA | WISESATRAVEL.COM

5 DANAU TERINDAH DI INDONESIA

Indonesia memiliki berbagai keindahan alam yang menakjubkan, mulai dari gunung, pantai, air terjun dan danau. Semuanya merupakan karunia Tuhan yang harus kita jaga keutuhan dan kelestariannya. Dari sekian banyak keindahan alam yang ada dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia berikut 5 danau terindah di Indonesia yang menjadi destinasi wisata alam yang luar biasa indahnya, sayang bila kita berkunjung di daerah tempat danau ini berada dan kita tidak mengunjunginya. 5 danau yang terindah tersebut adalah :

1. DANAU MANINJAU, SUMATERA BARAT
Danau Maninjau Sumatera Barat
Menurut legenda setempat Danau Maninjau merupakan danau yang terbentuk karena letusan gunung Sitinjau, letusan ini membentuk cekungan dan dapat dilihat dari bukit di sekeliling danau yang berbentuk menyerupai dinding. Puncak tertinggi dari perbukitan sekitar danau Maninjau terkenal dengan puncak Lawang. Danau Maninjau berada di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam Propinsi Sumatera Barat. Lebih tepatnya sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Menurut legenda Ranah Minang keberadan Danau Maninjau berkaitan erat dengan dengan kisah Bujang Sembilan.

Kelok 44, Maninjau

Bila berkunjung ke Danau Maninjau melalui Bukittinggi kita akan melewat jalan yang berkelok-kelok sepanjang kurang lebih 10 Km, kelokan yang panjang ini lebih dikenal dengan Kelok 44 terbentang mulai Ambun Pagi sampai Maninjau. Danau Maninjau juga menjadi sumber air bagi sungai Batang Sri Atokan, dimana di hulu sungai ini terdapat PLTA Maninjau. Danau Maninjau merupakan danau terluas kedua di Sumatera Barat setelah danau Singkarak yang mempunyai luas 129,69 km². Untuk berwisata di danau ini sudah tersedia beberapa fasilitas hotel seperti hotel Maninjau Indah, Pasir Panjang Hotel, penginapan serta restoran.

2. DANAU TOBA, SUMATERA UTARA
Danau Toba, Sumatera Utara
Danau Toba berada di Propinsi Sumatera Utara, danau ini adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau Toba mempunyai ukuran panjang 100 Km dan lebar mencapai 30 Km, merupakan danau vulkanik dimana di dalam danau ini juga terdapat pulau vulkanik yang lebih di kenal dengan pulau Samosir. Danau Toba telah sejak lama menjadi tujuan wisata yang terkenal selain Bukit Lawang dan Nias, baik oleh wisatawan domistik maupun mancanegara. Terciptanya danau Toba diperkirakan karena letusan dan ledakan supervolcano (gunung berapi super) sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu, dimana pada saat itu diperkirakan letusannya berlangsung selama satu minggu dan debu vulkanik hampir menutupi separuh bumi mulai dari Cina sampai dengan Afrika Selatan. Danau Toba memiliki keindahan alam yang luar biasa, merupakan tujuan wisata  favorit bagi wisatawan mancanegara khususnya dari Malaysia, Singapura, Belanda, Jerman, Korea, Jepang dan Amerika. Selain keindahan alamnya Danau Toba juga menyajikan wisata sejarah, wisata spiritual, wisata arsitektur bahkan juga menyuguhkan wisata kuliner bagi wisatawan yang mengunjungi danau Toba. Akses menuju ke Danau Toba, dari Medan menuju Parapat, berjarak 176 Km atau melalui rute Medan-Berastagi yang semuanya bisa ditempuh dengan bus dan perjalanan memakan waktu selama 4 jam. Dari Perapat kita naik Ferri yang beroperasi setia satu jam setengah dari pukul 9 pagi sampai dengan pukul 5 sore menuju pulau Samosir. Ada 2 pendaratan Ferri di pulau Samosir yaitu di desa tradisional Tomok dan Tuk Tuk yang merupakan pusat hotel dan restoran yang terdapat di pulau Samosir.

3. DANAU BATUR, BALI
Kintamani merupakan tujuan wisata favorit di Bali, berada di Kabupaten Bangli. Kintamani menawarkan suasana perbukitan yang sejuk dan berhawa segar dengan suhu udara 18 derajat Celcius, menyamai dengan suhu udara di Bedugul. Kawasan Kintamani mempunyai daya tarik utama yaitu  pemandangan gunung dan danau Batur yang indah. Gunung Batur merupakan gunung tertinggi kedua setelah gunung Agung di Besakih, dan masih berstatus aktif. Gunung ini sebenarnya hanya gunung berapi kecil yang berada di tengah-tengah kawah besar berdiameter 14 Km. Gunung Batur letaknya bersebelahan dengan Danau Batur yang membentuk sabit dikelilingi tembok tinggi pinggiran kawah, ukuran kecuraman kawah dapat membuat kita berfikir betapa dahyat letusan gunung Batur 10.000 tahun yang lalu. Saat terindah menikmati keindahan Kintamani adalah di saat santap siang, sambil menyantap makanan kita bisa menikmati keindahan gunung Batur yang menyemburkan kepulan asap tipis yang bersahabat, hawa sejuk dan segar di kawasan ini akan semakin membuat kita betah berlama-lama di tempat ini. Keindahan Kintamani juga tidak terlepas dari keberadaan beberapa candi penting di area ini, sehingga membuat tempat ini menjadi tujuan wisata yang tidak terlupakan di Bali.

4. DANAU KELIMUTU, NTT (NUSA TENGGARA TIMUR)
Danau Kelimutu, NTT
Bila melakukan perjalanan ke Pulau Flores khususnya ke Ende Propinsi Nusa Tenggar Timur, tidak akan lengkap bila tidak mengunjungi Danau Kelimutu atau lebih di kenal Danau Tiga Warna. Menurut penduduk setempat Kelimutu berasal dari gabungan kata Keli yang berarti Gunung dan Mutu yang berarti mendidih. Danau Kelimutu merupakan danau yang menyimpan banyak cerita dan misteri, tiga warna danau ini adalah warna merah, biru dan putih. Namun seiring dengan perjalanan waktu warna danau tersebut berubah-ubah, saat ini dua warna dari danau ini adalah coklat dan yang lainnya berwarna hijau. Nama dari Danau atau Tiwu Kelimutu di bedakan menurut warnanya yang masing-masing mempunyai arti dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat. Danau warna biru bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang berarti tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal dunia, danau yang berwarna merah mempunyai nama Tiwu Ata Polo yang berarti tempat berkumpulnya jiwa-jiwa yang telah meninggal dan selama hidup dia selalu melakukan kejahatan atau tenung. Dan danau yang berwarna putih di namai Tiwu Ata Mbupu yang berarti tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal dunia. Saat terbaik untuk menyaksikan keindahan Danau Kelimutu adalah di pagi hari, karena menjelang tengah hari apalagi di sore hari keindahan Danau Kelimutu akan terhalang oleh tebatnya kabut. Bila berkunjung ke Danau Kelimutu di samping menyaksikan keindahan danau tersebut, kita juga dapat menikmati dan menyaksikan keindahan alam lainya, yaitu kawasan Taman Nasional Kelimutu yang merupakan hutan lindung yang banyak di tumbuhi pohon-pohon pinus dan cemara, serta kicauan burung yang merupakan habitat asli hutan lindung ini.

5. DANAU SENTANI, PAPUA
Danau Sentani, Papua
Tanah Papua mempunyai kekhasan alam sendiri, tidak hanya berisi hutan, bukit-bukit, dan cuaca yang panas, namun Papua juga memiliki sejumlah wisata bahari yang tidak kalah indahnya bila dibandingkan dengan wisata bahari wilayah lain di Indonesia, salah satunya adalah Danau Sentani. Danau Sentani merupakan danau vulkanik terletak di ketinggian  70-90 mdpl, yang mata airnya bersumber dari 14 sungai besar dan kecil yang kesemuanya bermuara pada satu sungai, Jaifury Puay. Di wilayah barat, Doyo Lama dan Boroway kedalaman danaunya sangat curam, di sebelah timur dan tengah landai dan dangkal, Puay dan Simporo, di wilayah ini juga  Ada berbagai tujuan wisata yang bisa anda kunjungi bila sedang berada di Papua, bisa wisata bahari yang menyuguhkan taman laut yang mempesona, wisata sejarah, wisata budaya, wisata flora dan fauna yang mungkin tidak bisa di temui di daerah lain seperti burung Cendrawasih. Tidak kurang dari empat belas kabupaten di Papua mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri sehingga menjadi daya tarik bagi anda yang berkunjung ke Papua. Di Sentani juga terdapat tugu Jendral Douglass Mc. Arthur yang merupakan peninggalan perang dunia II. Daerah yang indah lainnya terdapat di sebelah utara monument Mc. Arthur, di ketinggian 325 mdpl terdapat dataran pegunungan Cyclop dengan puncak Gunung Dafonsoro, yang dahulu merupakan pangkalan pertahanan Mc. Arthur. Danau Sentani merupakan salah satu danau indah yang menjadi obyek wisata Kabupaten Jayapura, Danau Sentani mempunyai agenda wisata tahunan yaitu Festival Danau Sentani, merupakan obyek wisata yang sangat indah untuk di kunjungi bila sedang berada di Papua, Irian Jaya.

Berbagai keindahan yang di miliki Indonesia harus selalu kita jaga dan kita lestarikan, semua warga negara Indonesia seharusnya berbangga bisa hidup dan menetap di negara ini, negara yang kaya, subur, aman dan tentram. Semoga kita semua dapat memelihara titipan ini, bukan demi kita tapi demi anak cucu kita, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda

2 Responses to "5 DANAU TERINDAH DI INDONESIA"

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Explore Indonesia

    BalasHapus
  2. Terima kasih mbak Irma Sekarningrum telah mengunjungi website kami, Indonesia memang sangat indah dan tidak akan pernah ada habisnya bila kita mengekplornya. Sukses selalu mbak Irma Sekarningrum dengan website Explore Indonesia

    BalasHapus