10 Tempat Wisata yang Layak Dikunjungi di Yogyakarta | WISESATRAVEL.COM

10 Tempat Wisata yang Layak Dikunjungi di Yogyakarta

Yogyakarta mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi bila anda sedang berwisata ke kota gudeg ini. Berada di selatan Propinsi Jawa Tengah, Yogyakarta terkenal dengan kearifan lokalnya, seni, kebudayaan dan keramah tamahan masyarakatnya. Selain Malioboro yang sudah melegenda sampai mancanegara, Yogyakarta juga mempunyai beberapa wisata alam serta peninggalan bersejarah yang bisa menjadi obyek wisata yang menyenangkan bila dikunjungi, ada candi peninggalan masa lampau, ada taman yang indah tempat para raja dan ratu serta keluarga besar kerajaan menyepi atau menenangkan diri, ada juga wisata alam dengan menyusuri goa yang indah, serta bermain dan menguji nyali dengan berarum jeram. semua tempat wisata tersebut masih berada di dalam wilayah kota Yogyakarta, bila sobat traveler berkunjung ke kota Yogyakarta sempatkan untuk mengunjungi 10 tempat yang menarik di kota ini. Berikut 10 tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di Yogyakarta :

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan yogyakarta
Candi Prambanan merupakan komplek candi Hindu yang terbesar di Indonesia, berlokasi sekitar 17 Km dari pusat kota Yogyakarta. Candi ini dihiasi relief yang mengitari candi yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Tempat wisata ini sangat mudah dijangkau baik naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi, jika anda menggunakan kendaraan peribadi bisa langsung menuju komplek candi namun jika menggunakan angkutan umum anda bisa naik bus dan turun di halte Prambanan, sangat mudah menuju tempat wisata ini.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur Yogyakarta
Candi Borobudur adalah Candi Budha terbesar di dunia dan merupakan candi yang mempunyai relief dan patung Budha terbanyak di dunia, tempat wisata ini adalah salah satu primadona wisata sekitar Yogyakarta. Candi Borobudur berada sekitar 40 Km dari Yogyakarta, candi ini masih sering dikunjungi biksu dari berbagai daerah yang berziarah ke Borobudur karena Candi ini dianggap sebagai monument model dari alam semesta dan merupakan tempat yang suci. Bila masuk kedalam area candi Borobudur anda diharuskan mengenakan sarung yang akan dipinjami pada saat di pintu masuk.

3. Pantai Parangtritis

Salah satu pantai yang terkenal di wilayah Yogyakarta adalah pantai Parangtritis, berada sekitar 25 Km dari Pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang berada di tepi Samudera Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak, arus yang besar dan kuat. Selain karakteristik tersebut pantai Parangtritis juga mempunyai keunikan lain yaitu adanya bukit pasir atau yang lebih dikenal dengan gumuk yang berada disekitar area pantai Parangtritis. Bila menginginkan petualangan lain anda juga bisa mencoba untuk bermain paralayang di bukit Parangndog Parangtritis, yang akan memberi sensai tersendiri bagi anda.

4. Jalan Malioboro

Jalan Maliboro Yang Legendaris Di Yogyakarta
Tak lengkap jika kita berkunjung keYogyakarta jika tidak datang ke Malioboro, Malioboro adalah sebuah jalan di Yogyakarta yang menawarkan wisata belanja kepada pengunjungnya. Di sepanjang jalan Malioboro dapat kita jumpai berbagai pedagang, mulai penjual pakaian, tas, sandal, kerajinan tangan, gantungan kunci, aksesoris, batik, dan berbagai barang unik lainnya yang bisa di dapat dengan harga murah. Dan di saat malam hari kawasan Malioboro akan berubah menjadi kawasan wisata kuliner bagi para pelancong, berbagai makanan khas Yogyakarta akan dapat kita jumpai di jalan ini disaat malam tiba.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta adalah sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta, bangunan ini merupakan tempat tinggal Sultan bersama keluarga. Pengunjung dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno dan berkunjung ke museum yang berisikan koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta, dan berbagai hadiah yang sebagian besar berasal dari raja Eropa. Tempat wisata Keraton Yogyakarta ini bisa dikunjungi mulai pukul 8 pagi sampai dengan jam 2 siang, dan di masa liburan Keraton Yogyakarta sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik domistik maupun dari mancanegara. 

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang  berlokasi di Gunung Kidul Yogyakarta, merupakan goa wisata yang mempunyai hutan purba di dalamnya. Goa ini adalah goa vertical, keunikan goa ini setiap pukul 10-12 siang cahaya akan menembus kedalam goa, sehingga keindahannya sungguh mempesona, dan cahaya ini biasa disebut sebagai cahaya surga. Bila berkunjung ke Yogyakarta tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi mengingat keindahan yang di suguhkan sungguh sangat fenomenal.

7. Arung Jeram Citra Elo

Salah satu arum jeram yang berada di wilayah Yogyakarta adalah Arum Jeram Citra Elo, arum Jeram ini sangat cocok untuk keluarga dan para pemula karena arusnya yang tidak berbahaya. Pengunjung dapat bermain di Arum Jeram Citra Elo kapan saja, karena debit air di sungai ini lebih konstan, tidak harus menunggu arus sungai sesuai standart untuk bermain arum jeram seperti sungai-sungai lain di Yogyakarta, yang pada umumnya hanya dapat dilintasi pada saat musm hujan saja. Untuk itu tempat wisata ini sangat cocok di kunjungi apalagi dengan keluarga.

8. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka mempunyai berbagai koleksi hewan dari seluruh dunia, dan seperti pada umumnya kebun binatang pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan hewan yang berada di situ. Selain itu pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka juga dapat bermain dengan berbagai wahana yang terdapat diarea kebun binatang, seperti kolam tangkap ikan, ATV, sepeda air, perahu kayuh, menunggang onta, menunggang Gajah dan beberapa wahana lainnya. Untuk masuk kebun Binatang Gembira Loka wisatawan dikenakan biaya Rp. 25.000 per orang, dan tempat wisata ini wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta.

9. Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung aktif di Yogyakarta yang menjadi lokasi favorit bagi para pencinta hobi mendaki gunung. Merapi adalah gunung yang paling terkenal di Yogyakarta, keindahan matahari terbit dari puncak Gunung Merapi sangat memikat banyak kalangan untuk menikmati dan menyaksikan keindahannya. Harga tiket masuk kawasan Gunung Merapi adalah Rp. 3000 per orang.

 

10. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari Yogyakarta
Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Yogyakarta lainnya adalah Istana Air Taman Sari, tempat wisata ini merupakan tempat rekreasi dan meditasi bagi keluar Yogyakarta pada dahulu kala, selain itu juga merupakan tempat yang berfungsi sebagai benteng terhadap serangan musuh. Keunikan tempat wisata Istana Air Taman Sari adalah udara disekitar area ini sejuk sekali, karena terdapat banyak kolam buatan dan kebun bunga sehingga berbau harum. Untuk masuk area lokasi wisata ini pengunjung dikenakan biaya Rp. 5.000.  

Yogyakarta merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, selain kaya akan seni, budaya, dan tempat-tempat bersejarah, kearifan lokal masyarakat Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta. Mari kita lestarikan seni dan budaya khas daerah, karena semua menjadi ciri dan keunikan bangsa kita tercinta, Indonesia. Selamat berlibur, wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "10 Tempat Wisata yang Layak Dikunjungi di Yogyakarta "

Posting Komentar