3 Tips Mudah Refund Tiket Kereta Api | WISESATRAVEL.COM

3 Tips Mudah Refund Tiket Kereta Api

Aktifitas traveling yang akan kita lakukan kadangkala tidak berjalan sesuai dengan harapan, bisa jadi karena ada faktor yang urgent sehingga kita harus membatalkan traveling yang telah kita rencanakan jauh-jauh hari. Bila ini menimpa diri kita tentu tiket yang sudah terlanjur dibeli akan tidak terpakai dan bisa jadi statusnya hangus bila kita tidak segera melakukan pembatalan. Baca juga : Merubah Jadwal dan Membatalkan Tiket Kereta Api yang terlanjur di Beli
Tips Melakukan Refund Tiket Kereta Api

Bagi sobat-sobat traveler yang berencana melakukan traveling dengan kereta api dan ternyata tidak jadi berangkat karena satu hal, tiket kereta api dapat dimintakan refund atau pengembalian namun tentunya harus sesuai dengan persyaratan dari PT. KAI selaku pengelola perkereta apian di Indonesia. Berikut Tips Melakukan Refund Tiket Kereta Api :

Segera Batalkan Tiket Bila Tidak Jadi Berangkat
Bila memang ada satu sebab yang mengakibatkan sobat-sobat traveler tidak jadi berangkat menggunakan kereta api, langkah awal yang harus dilakukan adalah segera melakukan pembatalan tiket yang sudah terlanjur dibeli. Pembatalan bisa dilakukan maksimal 30 menit sebelum keberangkatan dan harus dilakukan langsung di stasiun keberangkatan. Silahkan isi form pembatalan dan berikan informasi yang sesuai dengan data tiket yang telah anda beli. Berikan Informasi juga mengenai cara menerima dana refund yang anda inginkan secara transfer atau cash money. Bila data-data sudah diisi dengan benar berikan Form Pembatalan kepada petugas yang berwenang agar segera bisa diproses pembatalannya.

Bersabar Menunggu Dana Refund Cair
Proses pengembalian dana tiket adalah 30 hari setelah proses pembatalan dengan dikenakan bea pembatalan sebesar 25% dari harga tiket diluar bea pesan. Karena memang prosedur pengembalian dana refund tidak bisa langsung cair, sobat-sobat harus bersabar menunggu pencairannya. Namun jangan khawatir 30 hari adalah waktu yang cepat berlalu apalagi dengan kesibukan dan aktifitas sobat-sobat semua, waktu 30 hari tidak akan terasa. Bila waktu pencairan telah tiba jangan sampai lupa untuk segera mengambilnya walaupun ada waktu yang panjang hingga 2 tahun untuk pengambilan dana refund tersebut.

Membuat Surat Kuasa Bila Dana Refund Tidak Diambil Sendiri
Bila sobat-sobat berhalangan mengambil dana refund tiket bisa mewakilkan kepada saudara, teman atau siapapun dengan catatan harus membuat Surat Kuasa bermaterai dan disertai foto copy KTP yang mempunyai tiket serta Identitas asli yang mengambil refund. Form Surat Kuasa bisa didapat di stasiun pengambilan refund yang telah ditunjuk sebelumnya. Dalam hal refund tiket lebih dari satu orang pengembaliannya bisa diwakilkan kepada salah satu penumpang yang ditunjuk atau yang telah diberikan kuasa untuk mengambil dana refund.

Bila kita mengikuti langkah-langkah pengembalian dana refund dengan benar, setelah 30 hari dari waktu pembatalan dana akan kita terima baik melalui pengambilan secara tunai atau melalui rekening bank yang telah kita infokan sebelumnya. Baca Temukan Wisesa Travel Di Google Maps

0 Response to "3 Tips Mudah Refund Tiket Kereta Api"

Posting Komentar