3 Air Terjun Dekat Kota Batu Malang | WISESATRAVEL.COM

3 Air Terjun Dekat Kota Batu Malang

Kota wisata Batu dikenal mempunyai berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi, beberapa diantaranya seperti Sengkaling, Songgoriti, Selecta, Jatim Park 1 dan 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular (BNS), Secret Zoo, wisata petik apel, Alun-Alun kota Batu dan beberapa destinasi lainnya. Tidak hanya itu selain destinasi berupa taman hiburan, kolam renang, dan berbagai wahana permainan dan ketangkasan, kota ini juga menyimpan destinasi wisata alam berupa air terjun yang keberadaannya tersebar di beberapa wilayah kota Batu. Berikut 3 Air Terjun yang berada di kota Batu, simak infonya :

Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di kota Batu, sehingga pada momen-momen tertentu seperti weekend dan liburan air terjun ini akan sangat dipadati pengunjung. Air Terjun Coban Rondo lebih tepatnya berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon atau 12 km dari kota Batu dan bisa ditempuh sekitar setengah jam berkendara dari pusat kota Malang. Air Terjun Coban Rondo berada di daerah yang sejuk di ketinggian 1.135 mdpl yang menyajikan pemandangan indah, dengan tinggi terjunan sekitar 84 meter. Sumber air Coban Rondo berasal dari Cemoro Dudo di lereng gunung Kawi. Biasan air terjun yang terkena sinar matahari menciptakan pemandangan yang indah menyerupai pelangi, hawa sejuk disekitar air terjun membuat siapapun betah berlama-lama di destinasi wisata ini. Di area air terjun Coban Rondo juga terdapat area yang dipergunakan sebagai lokasi outbound, bumi perkemahan, terdapat juga wahana permainan yang menguji adrenalin seperti flying fox, serta meluncur di derasnya air sungai menggunakan sebuah ban.

Air Terjun Coban Rondo sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaran roda dua, kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari Alun-Alun kota Batu hanya dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit prejalanan menuju air terjun Coban Rondo. Setiap pengunjung yang akan masuk area wisata alam ini dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 16.000, yang tentunya masih sebanding dengan segala keindahan dan fasilitas yang disediakan oleh pengelola wana wisata air terjun Coban Rondo.

Air Terjun Coban Talun
Air terjun berikutnya yang jaraknya dekat dari kota Batu adalah Air Terjun Coban Talun, air terjun ini lebih tepatnya berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Malang. Berjarak sekitar 15 km ke arah jalan alternatif Cangar-Pacet atau 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Malang dalam kondisi lalu lintas yang lancar. Air Terjun Coban Talun juga bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua, kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Beberapa saat sebelum memasuki area pintu masuk wana wisata air terjun Coban Talun mata pengunjung akan dimanjakan oleh oleh hijaunya perkebunan apel milih masyarakat sekitar.

Air Terjun Coban Talun menawarkan panorama yang masih alami, dikelilingi hutan pinus yang terhitung masih lebat dan terlihat eksotik, dengan paduan gemericik air sungai yang mengalir di beberapa jalur menuju air terjun. Untuk menuju lokasi air terjun, dari pintu masuk awal pengunjung masih membutuhkan perjuangan dengan berjalan kaki 30-60 menit melewati hutan pinus dan dua aliran sungai yang membelah jalan selama dalam perjalanan menuju lokasi air terjun. Memasuki sepertiga perjalanan kita akan bertemu dengan percabangan, bila mengambil jalur ke kanan kita akan dapat menyaksikan keindahan air terjun dari atas, sedangkan bila mengambil rute ke kiri kita akan sampai pada aliran  air terjun. Air Terjun Coban Talun mempunyai ketinggian sekitar 75 meter, tingginya terjunan air menciptakan efek pelangi yang semakin membuat indah area di sekitar air terjun Coban Talun terutama bila cuaca sedang cerah. Biaya masuk untuk lokasi air terjun Coban talun adalah Rp. 5.000, dan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk roda dua, dan Rp. 4.000 untuk roda empat.

Air Terjun Coban Rais
Air terjun ketiga yang dekat dengan kota Batu adalah air terjun Coban Rais, air terjun ini berada di Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu. Lokasi air terjun Coban Rais juga bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua, kendaraan pribadi atau kendaraan umum, bila naik kendaraan pribadi atau kendaraan roda dua dapat langsung mengarahkan rute menuju stasiun Batu TV di Dusun Dresel, dari sini sudah dekat dan banyak yang tahu arah untuk menuju wana wisata air terjun Coban Rais. Namun bila menggunakan kendaraan umum dari terminal Ladungsari, sobat traveler dapat meneruskan naik mikrolet/ bemo rute Malang-Batu lewat Oro-Oro Ombo. 

Setelah masuk area wana wisata air terjun Coban Rais pengunjung harus berjalan kurang lebih 30 menit atau sekitar 3,5 km menuju air terjun, melewati jalanan setapak dan melewati beberapa aliran sungai yang membelah jalan setapak. Bagi yang menyukai tantangan dan petualang berkunjung ke air terjun Coban Rais sangat cocok untuk diagendakan. Berjalan melintasi jalan setapak dan membelah hutan, terkadang juga melewati jurang di satu sisi sungguh pengalaman yang mendebarkan. Namun semuanya akan terbayar lunas bila kita sampai di air terjun Coban Rais, keindahan menawan yang tersembunyi. Air yang jernih dan efek air dari terjunan menciptakan pemandangan yang indah, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Setiap pengunjung di kenakan biaya masuk lokasi wisata sebesar Rp. 5.000, dan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk roda dua, dan Rp. 4.000 untuk roda empat.

Bila sobat traveler berkunjung ke kota wisata Batu-Malang, jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi wisata alamnya. Puas bersenang-senang, puas juga berpetualang. My Trip My Adventure "kata yang sering diucapkan anak-anak sekarang" ::) Baca juga Tips Traveling Ke Kota Wisata Batu Malang Saat Weekend

0 Response to "3 Air Terjun Dekat Kota Batu Malang"

Posting Komentar