4 Tempat Keren Yang Bisa Dikunjungi Di Pulau Bawaen | WISESATRAVEL.COM

4 Tempat Keren Yang Bisa Dikunjungi Di Pulau Bawaen

Pulau Bawean memang belum akrab di telinga sobat traveler, namun keindahan pulau ini akan memikat siapapun jika sudah benar-benar terekspos. Bawean merupakan sebuah pulau cantik yang berada di sebelah utara pulau Jawa, lebih tepatnya berada di 80 mil atau 120 km sebelah utara kota Gresik. Sejak tahun 1974 pulau Bawean memang menjadi wilayah administratif Kabupaten Gresik Propinsi Jawa Timur. Ada 2 kecamatan di Pulau Bawean yaitu Kecamatan Sangkapura dan Tambak. Penduduk Pulau Bawean mempunyai mata pencarian sebagai nelayan dan petani, namun tidak jarang yang bekerja dan merantau ke luar negeri. Sehingga Pulau Bawean juga mempunyai sebutan Pulau Putri karena sebagian besar penduduk laki-lakinya merantau ke luar negeri dan yang tinggal adalah dominan kaum wanita.

Potensi wisata di Pulau Bawean sebenarnya besar sekali, namun sayang belum terekspos sehingga banyak terlewatkan oleh sobat traveler. Untuk bisa sampai ke pulau Bawean sobat traveler harus menyeberang dari pelabuhan Gresik, dari Surabaya pelabuhan Gresik bisa di capai 1 sampai dengan 1,5 jam perjalanan. Selanjutnya dari pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean menggunakan kapal dengan waktu tempuh 3-8 jam perjalanan bergantung kepada kapal yang di gunakan dan cuaca, karena gelombang di perairan menuju pulau Bawean cukup besar. Ada beberapa tempat keren yang bisa di kunjungi saat sobat traveler saat berkunjung ke Pulau Bawean, berikut 4 tempat keren di Pulau Bawean yang bisa di kunjungi, simak infonya : Baca juga 5 Tempat Yang Layak Dikunjungi Di Jawa Timur

Tanjung Gaang
Tanjung Gaang adalah salah satu tempat yang indah di ujung Barat Pulau Bawean, lokasi ini mempunyai hamparan batu karang yang luas yang berdiri kokoh di atas air laut yang jernih berwarna biru. Sungguh panorama menakjubkan yang bisa kita saksikan bila berkunjung ke Tanjung Gaang Pulau Bawean. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk menikmati keindahan hamparan batu karang dan panorama Tanjung Gaang, yang pertama adalah berkeliling menyusuri tebing dengan perahu nelayan yang biasa disewakan dan yang kedua dengan naik ke atas tebing itu sendiri. Namun keduanya bisa dilakukan secara bersama sama. Dari atas tebing sobat traveler akan dapat menyaksikan keindahan yang masih alami Tanjung Gaang beserta panorama disekelilingnya.

Pantai Pulau Noko Selayar
Pantai Pulau Noko Selayar-image lifestyle.liputan6.com
Pulau Noko Selayar merupakan pulau yang berdekatan dengan pulau Selayar Bawean, pulau ini mempunyai luas kurang lebih 6.000 m2. Akses menuju pulau Noko Selayar bisa ditempuh dengan menggunakan speed boat atau perahu motor dengan jarak kurang lebih 4,5 km dan bisa di tempuh selama 20 menit dari Pulau Bawean. Pulau Noko Selayar mempunyai keunikan letaknya yang berada di lepas pantai, sepanjang pulau dikelilingi oleh gugusan pasir putih yang menawan. Bagi yang menyukai diving dan snorkeling Pulau Noko Selayar sangat cocok dikunjungi karena menyajikan pemandangan bawah laut yang bergitu indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pulau Noko Selayar adalah di sore hari karena panorama sunset di pulau ini begitu mempesona.

Pantai Pulau Gili (Timur)
Pulau Gili (Timur) merupakan salah satu pulau terluas yang mengelilingi pulau Bawean, pulau ini berjarak sekitar 2,3 km arah sebelah timur dari pulau Bawean. Menuju pulau Gili bisa menggunakan perahu nelayan yang biasa disewakan dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit, populasi penduduk di Pulau Gili termasuk terbesar setelah pulau Bawean sendiri yaitu sekitar 700 kepala keluarga dari berbagai suku dan etnis yang mendiami pulau Gili (Timur). Pulau Gili menawarkan keindahan pantai berpasir putih dengan panorama sunrise dan sunset yang begitu mempesona, sehingga sayang bila dilewatkan bila sobat traveler berkunjung ke kawasan Pulau Bawean.

Pantai Mayangkara
Pantai Pulau Mayangkara Bawean-image lifestyle.liputan6.com
Pantai Mayangkara atau bisa disebut juga sebagai pantai Bhayangkara merupakan tempat keren lainnya di pulau Bawean yang bisa sobat traveler kunjungi. Pantai ini lebih tepatnya berada di Desa Kepuk Teluk Kecamatan Tambak lokasinya berada kurang lebih 500 meter dari jalan raya Sangkapura-Tambak sehingga sangat mudah ditemukan. Sarana jalan utama menuju pantai Mayangkara sudah diaspal sehingga sobat traveler bisa menggunakan sarana kendaraan bermotor untuk sampai di tempat ini. Sepanjang jalan pengunjung akan bisa menyaksikan panorama pantai dan lautan lepas yang mempesona. Pantai ini juga mempunyai nilai sejarah tinggi dimana isteri dari Sunan Giri yaitu Siti Zaenab menjadi orang pertama mendarat dan menemukan pantai pulau Mayangkara. Di area pulau Bawean juga terdapat penangkaran rusa endemik yang lokasinya juga bisa sobat traveler kunjungi. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Mayangkara adalah di saat sore hari karena panorama sunset di pulau ini menghadirkan pemandangan yang begitu menawan.

Nah bagaimana sobat-sobat traveler? Tertarik mengunjungi Pulau Bawean? Segera rencanakan perjalanan anda dan siapkan baju ganti lebih, karena kita akan berbasah-basahan dan bergembira ria di pantai-pantai pulau Bawean, Lets go gaisss :) Baca juga 5 Pantai Menawan Di Pacitan

0 Response to "4 Tempat Keren Yang Bisa Dikunjungi Di Pulau Bawaen"

Posting Komentar