Rute Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Via Tretes | WISESATRAVEL.COM

Rute Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Via Tretes

Masa liburan panjang memang lazim dipergunakan oleh para traveler dimanapun berada untuk bepergian mengunjungi berbagai destinasi wisata atau dipergunakan para sobat pencinta alam untuk melakukan kegiatan outdoor mendaki gunung. Banyak sekali gunung-gunung terutama di Jawa Timur yang bisa di kunjungi sobat pendaki pada masa liburan seperti saat ini seperti gunung Welirang, Arjuno, Penanggungan, Lawu, Argopuro, Wilis, dan beberapa gunung lainnya. Bagi pencinta alam di wilayah kota Surabaya dan kota-kota lain di sekitarnya dapat menjalankan kegiatan pendakian di beberapa gunung yang ada di dekat kota Surabaya, seperti gunung Welirang-Arjuno dan Penanggungan. Gunung Arjuno dan Welirang mempunyai rute pendakian yang sama bila di tempuh dari jalur pendakian Tretes-Prigen, tidak hanya itu untuk mengunjungi gunung ini biayanya relatif lebih terjangkau daripada melakukan pendakian ke gunung-gunung lain di Jawa Timur.  Karena sarana transportasinya begitu mudah dan bisa di jangkau dengan kendaraan pribadi atau kendaraan roda dua, sehingga tidak heran kedua gunung ini akan sangat di padati pendaki ketika musim liburan tiba. 

Perijinan Pendakian Arjuno-Welirang
Bagi sobat pendaki yang baru pertama melakukan pendakian ke gunung Arjuno-Welirang dari rute pendakian Tretes-Prigen, bisa langsung menuju ke base camp perijinan di daerah Tretes atau lebih tepat di belakang hotel Surya Tretes. Untuk menuju tempat ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, roda dua atau kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan umum sobat traveler bisa menggunakan bus jurusan dari Surabaya ke Malang, dan turun di terminal Pandaan, dari terminal Pandaan bisa dilanjutkan naik angkutan pedesaan L-300 menuju perijinan gunung Arjuno-Welirang. Setelah sampai di lokasi perijinan sobat traveler bisa langsung memohon ijin kepada petugas jaga dan tentunya dikenakan biaya perijinan serta biaya asuransi. Rute pendakian ke gunung Arjuno dan Welirang lewat jalur Tretes mempunyai kesamaan, namun akan terpisah ketika berada di pos Pondokan untuk menuju puncak gunung Welirang dan Arjuno. Berikut rute yang harus di lalui sobat traveler untuk mendaki ke gunung Welirang-Arjuno via jalur Tretes :

Pos I Pet Bocor
Bila sudah mengantongi perijinan untuk mendaki, sobat pendaki bisa langsung mengambil rute di belakang perijinan berupa setapak berbatu yang telah di tata rapi dan cukup lebar, karena memang pada awalnya jalur ini untuk mengangkut material bahan bangunan yang dipergunakan untuk membangun sebuah bangunan di atas sebelum pos Pet Bocor. Ikuti jalur ini terus sampai bertemu sebuah bangunan Toilet tidak terpakai, dari sini sobat pendaki bisa mengambil rute ke kanan sampai bertemu jalur utama dari belakang hotel Surya. Rute lainnya adalah rute yang umum di pakai untuk menuju loket masuk Bumi Perkemahan Kakek Bodo di belakang hotel Surya. Bila melalui rute ini sobat pendaki bisa mengambil jalan di depan perijinan pendakian, melewati belakang hotel Surya sampai bertemu loket atau pintu masuk Bumi Perkemahan Kakek Bodo, dari loket ini terus ikuti jalan sampai bertemu simpangan, ambil jalur yang ke kiri menuju Pos I Pet Bocor. Dari Pos perijinan menuju Pos I Pet Bocor di butuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit bergantung kepada kondisi fisik masing-masing.

Pos II Kop-Kopan
Bila sudah puas beristirahat di Pos I Pet Bocor sobat pendaki bisa langsung melanjutkan perjalanan untuk menuju Pos II Kop-Kopan dengan estimasi waktu tempuh 3-4 jam perjalanan. Rute ini berupa jalanan berbatu dengan tanjakan, berkelok dan minim sekali "bonus". Sehingga akan sangat menguras tenaga. Untuk itu sangat di butuhkan kesiapan fisik dan mental bila memulai pendakian ke gunung Welirang dan Arjuno. Bagi yang baru memulai perjalanan melalui rute Tretes di sarankan untuk melakukan perjalanan di malam hari, karena pada saat siang hari berjalan di medan ini sangat menguras tenaga, disamping rute berbatu kita akan di hadapkan dengan panasnya matahari yang menemani sepanjang perjalanan sehingga akan semakin cepat membuat lelah fisik kita. Setelah berjalan di rute berbatu yang melelahkan hampir 2-3 jaman perjalanan, pepohonan akan semakin jarang kita temui, karena akan mendekati Pos II Kop-Kopan. Bila sobat pendaki menemukan sebuah dataran dengan beberapa pepohonan yang masih tersisa dan terdapat gemericik air serta terlihat sebuah pancuran air, berarti sobat telah sampai di Pos II Kop-Kopan. Pos ini sering di pergunakan sebagai tempat beristirahat dan bermalam bagi para pendaki yang ingin menggapai puncak gunung Arjuno dan Welirang. Di malam hari panorama dari pos Kop-Kopan sangat indah, kerlap-kerlip lampu-lampu kota di bawah dapat kita saksikan dengan jelas bila cuaca sedang cerah.

Bersambung ke bagian ke 2


0 Response to "Rute Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Via Tretes "

Posting Komentar