Etika Ketika Naik Pesawat Terbang | WISESATRAVEL.COM

Etika Ketika Naik Pesawat Terbang

Menggunakan sarana transportasi publik baik transportasi darat, laut dan udara tentu mempunyai etika masing-masing dan kita sebagai pengguna sarana transportasi tersebut harus mematuhinya demi kenyamanan pengguna lainnya. Etika atau tata krama dalam menggunakan transportasi publik seperti bus, kereta, kapal laut dan pesawat terbang tentu mempunyai perbedaan namun ada baiknya kita sebagai pengguna harus menghargai dan saling menghormati pengguna lainnya agar kenyamanan yang kita idamkan bersama bisa terwujud. Ada beberapa etika atau tatakrama yang harus diketahui saat kita berada di dalam pesawat terbang, diantaranya adalah :

Menjaga Percakapan Dengan Teman Seperjalanan
Ada beberapa tipe penumpang yang mudah sekali akrab dengan siapapun, salah satunya dengan teman sebangku atau teman yang duduk disebelah anda dalam sebuah kendaraan atau dalam sebuah pesawat terbang. Namun ada juga penumpang yang lebih senang menikmati perjalanan dengan diam atau melakukan aktifitasnya sendiri seperti membaca buku atau mendengarkan musik dari headsetnya. Bila sobat traveler mengajak berbicara teman sebangku, namun dia hanya memberikan respon secukupnya itu tandanya dia merasa terganggu atau tidak menyukai anda ajak berbicara, dan sudah tentu anda harus menghentikan mengobrol dengan dirinya agar dia merasa nyaman menikmati penerbangannya.

Bersikap Toleransi Menggunakan Sandaran Tangan Di Kursi
Menggunakan fasilitas sandaran tangan di kursi dalam satu pesawat memang menjadi fasilitas dan hak semua penumpang, namun akan menjadi masalah bila anda tidak menggunakannya dengan bijak atau tanpa mengindahkan orang lain disebelah anda. Misalnya anda memakai sandaran dikursi melebihi batas atau jarak yang seharusnya tentu akan sangat mengganggu penumpang lain di sebelah anda, karena anda menggunakan secara tidak adil. Anda tentu tidak berkenan bersentuhan tangan secara terus-menerus dengan penumpang di sebelah anda bukan? begitu juga sebaliknya. Untuk itu pergunakan sandaran tangan di kursi pesawat dengan bijak dan adil, agar kenyamanan bersama selama perjalanan dengan pesawat terbang bisa tercipta.

Selalu Berhati-Hati Membawa Koper Atau Tas
Etika Naik Pesawat
Ada kalanya kita membawa barang bawaan kita ke dalam kabin pesawat, namun tentunya dengan berat yang telah dipertimbangkan sebelumnya. Untuk membawa barang bawaan yang ada dalam koper atau tas juga ada trik tersendiri agar tidak mengganggu atau merugikan penumpang lainnya, salah satunya adalah dengan membawa tas atau koper kita di depan pada saat kita berjalan melewati lorong kabin. Hal ini kita lakukan agar tas atau koper bawaan kita tidak mengenai atau menyenggol penumpang lain saat berjalan, lain dengan saat kita membawanya di pundak atau menyampirkannya di bahu, karena cara tersebut akan beresiko mengenai penumpang yang sudah duduk terlebih dahulu atau yang masih ada dibelakang kita. Untuk itu bila sobat traveler berniat membawa bawaan tas atau koper ke dalam kabin pesawat selalu perhatikan langkah dan cara anda membawa tas agar tidak merugikan penumpang lainnya.

Menghindari Membaca Surat Kabar Dengan Halaman Yang Lebar
Tidak ada salahnya kita membawa surat kabar sebagai teman menghabiskan waktu selama melakukan perjalanan dengan pesawat, namun yang perlu kita perhatikan adalah hindari membawa surat kabar yang  berukuran lebar, mengapa demikian? karena membaca surat kabar dengan halaman yang lebar tentunya akan mengganggu penumpang disamping anda, salah satunya adalah pada saat mengharuskan anda melihat halaman lain yang ingin anda baca dengan melebarkan surat kabar tersebut. Untuk itu ada baiknya bila berkeinginan menghabiskan waktu di pesawat terbang bawalah bacaan yang relatif berukuran kecil seperti novel, tabloid, komik atau buku sehingga tidak mengganggu penumpang lainnya.

Ada Baiknya Tidak Menyetel Musik Dengan Keras
Menikmati alunan musik untuk menemani perjalanan atau menghabiskan waktu pada saat di dalam pesawat tentu tidak menjadi hal yang asing lagi bagi sobat traveler yang terbiasa bepergian dengan pesawat. Namun etika yang tetap harus kita perhatikan adalah tidak menyetel volume musik yang kita dengarkan dengan keras-keras. Karena percayalah meskipun musik yang anda dengarkan dengan headphone tetap akan terdengar oleh penumpang di sebelah anda bila disetel dengan volume yang maksimal. Suara musik dari headphone anda yang disetel dengan volume maksimal tentu akan mengganggu penumpang terutama penumpang di sebelah anda, untuk itu upayakan mendengarkan musik dengan volume yang sedang agar penumpang lain tidak merasa terganggu dan anda pun bisa menikmati dan mendengarkan musik dengan nyaman.

Berupaya Memilih Tempat Duduk Yang Tepat
Bila anda mempunyai kebiasaan sering mondar-mandir ke toilet selama perjalanan dengan pesawat terbang, ada baiknya anda memilih tempat duduk di koridor pesawat agar dekat dengan lokasi toilet. Sehingga kebiasaan anda yang harus bolak-balik ke toilet tidak merepotkan dan mengganggu penumpang lain terutama penumpang di sebelah anda. Untuk itu bila anda merasa memiliki kebiasaan tersebut sebaiknya meminta travel atau agen tiket langganan anda memilihkan tempat duduk yang dekat dengan lokasi toilet agar lebih memudahkan anda atau tidak mengganggu penumpang lain di sebelah anda sehingga semua merasa tidak dirugikan dan kenyamanan bersama menggunakan sarana transportasi pesawat terbang bisa terwujud.

Berusaha Sabar Menunggu Giliran Turun
Etika Naik Pesawat
Ketika pesawat sudah landing atau mendarat, upayakan untuk bersabar menunggu giliran anda untuk turun jangan sekali-kali menyerobot antrian, kecuali ada kondisi emergency yang harus membuat anda memotong antrian. Karena menyerobot antrian atau giliran anda untuk turun akan mengakibatkan penumpang lain terganggu dan bisa jadi menimbulkan cekcok bahkan pertengkaran yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Bersabar sedikit atau bersabar beberapa menit akan memperlancar jalan anda untuk bisa turun dari pesawat dan sudah tentu memudahkan penumpang lainnya atau staf penerbangan yang sedari tadi melayani anda dengan baik. 

Demikian beberapa etika yang harus anda perhatikan ketika menggunakan sarana transportasi pesawat terbang, berupayalah untuk bisa menghargai dan bertoleransi dengan sesama pengguna sarana transportasi, sehingga kenyamanan dan ketenangan dalam menggunakan saran transportasi pesawat bisa terwujud. Selamat menikmati penerbangan anda, selalu berhati-hati dan jangan lupa berdoa :) Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.


0 Response to "Etika Ketika Naik Pesawat Terbang"

Posting Komentar