Dataran Tinggi Cikasur, Keindahan Tersembunyi Lereng Argopuro | WISESATRAVEL.COM

Dataran Tinggi Cikasur, Keindahan Tersembunyi Lereng Argopuro

Propinsi Jawa Timur dikenal memiliki pesona alam dengan keindahannya yang menawan, sebut saja gunung Bromo dengan sunrisenya, gunung Semeru dengan Ranu Kumbolonya dan Kawah Ijen dengan Api Birunya. Satu lagi keindahan yang belum banyak orang tahu adalah Dataran Tinggi Cikasur, yang berada di lereng gunung Argopuro Probolinggo. Gunung Argopuro merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang memiliki pemandangan yang menawan, gunung ini berada di jajaran dataran tinggi YANG (Hyang) dan memiliki beberapa puncak, namun yang biasa dikunjungi oleh pencinta alam dan pendaki gunung adalah puncak Rengganis dan Argopuro di ketinggian 3.088 mdpl. Untuk mendaki gunung Argopuro dibutuhkan stamina dan mental yang prima karena mengingat panjangnya jalur yang akan dilalui selama perjalanan. 

Cikasur Gunung Argopuro
Eksotisme lereng Argopuro terutama di area Cikasur memang belum banyak yang tahu, karena memang lokasinya yang jauh kedalam hutan dan dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk mencapainya. Dataran tinggi Cikasur dapat dicapai melalui dua jalur pendakian, bisa melalui desa Baderan turun di desa Bremi atau sebaliknya naik dari desa Bremi turun di desa Baderan, karena area Cikasur berada di pertengahan kedua jalur pendakian menuju puncak gunung Argopuro. Cikasur merupakan satu wilayah atau area yang luas dengan hamparan sabana atau padang rumput yang tebal seperti kasur. Pada jaman kolonial Belanda area ini dipergunakan sebagai peternakan rusa sekaligus sebagai tempat pengelolahan daging rusa, dan di jaman penjajahan Jepang diarea Cikasur pernah dibangun landasan untuk pesawat terbang perintis.

Dataran tinggi Cikasur biasa dipergunakan sebagai tempat beristirahat dan bermalam oleh para pendaki yang akan menuju puncak Rengganis atau puncak Argopuro. Pada saat pagi hari di Cikasur bisa kita nikmati hamparan padang rumput yang luas dengan embun yang berjatuhan, kicauan burung dan ayam hutan akan semakin menambah semaraknya waktu pagi, bila mentari mulai bersinar akan memendarkan cahayanya yg berwarna kuning keemasan keseluruh hamparan padang rumput sehingga menampakkan pemandangan yang indah alami. Bila kita mengeksplore wilayah Cikasur lebih jauh akan kita temukan berbagai habitat hewan liar diantaranya rusa, babi hutan yang besarnya hampir menyamai seekor sapi dewasa. Di Cikasur juga dapat kita temukan sebuah aliran sungai yang sangat jernih yang biasa di sebut sungai Qolbu, dengan tanaman selada air yang tumbuh subur.

Gunung Argopuro memang salah satu gunung di Jawa Timur yang sering menjadi tujuan pendakian para pencinta alam, dengan hutannya yang masih lebat dan alami, ketersediaan sumber air yang sangat banyak, keindahan alam yang menawan gunung ini bukan tidak mungkin suatu saat akan menjadi tujuan utama para pencinta alam untuk berpetualang di alam bebas. Alam yang indah memang selalu menjadi daya tarik bagi kita semua untuk mengunjungi suatu tempat, tidak terkecuali gunung Argopuro di Probolinggo. Selamat berkunjung ke gunung Argopuro dan nikmati segala keindahan alamnya. Tetap berhati-hati dan jaga selalu kelestarian alam kita. Salam Lestari Indonesiaku!! Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda

0 Response to "Dataran Tinggi Cikasur, Keindahan Tersembunyi Lereng Argopuro"

Posting Komentar