Tips Memilih Maskapai yang Tepat dan Aman | WISESATRAVEL.COM

Tips Memilih Maskapai yang Tepat dan Aman

Berbagai moda transportasi bisa kita pergunakan untuk mendukung sarana traveling kita, baik transportasi darat seperti menggunakan bus, kereta api, kendaraan pribadi, atau travel darat. Dengan menggunakan transportasi kapal laut, atau transportasi udara dengan naik pesawat terbang. Bila sobat traveler menggunakan pesawat terbang sebagai sarana traveling tentu seringkali mendapatkan tawaran berbagai promo dari berbagai maskapai yang beroperasi baik di dalam negeri maupun untuk tujuan keluar negeri. Promo tiket murah yang di tawarkan seringkali mengabaikan segi pelayanan sehingga terkesan mereka hanya melakukan service seadanya kepada penumpang, namun ada juga maskapai yang menjual tiket dengan harga yang lebih tinggi namun mengutamakan service dan pelayanan kepada konsumen. Agar sobat traveler tidak salah memilih maskapai mana yang akan dipergunakan dalam perjalanan traveling, berikut tips memilih maskapai yang tepat dan aman untuk menemani kegiatan traveling anda :

1. Mengetahui Ketepatan Waktu Keberangkatan Maskapai
Tips Memilih Maskapai Yang Tepat Dan Aman
Sobat traveler yang berkeinginan memilih moda transportasi udara sebagai sarana traveling ada baiknya memilih dan mencari maskapai penerbangan berdasarkan ketepatan waktu keberangkatan atau biasa disebut On Time Performance (OTP) dari maskapai yang beroperasi. Berdasarkan survey yang dilakukan otoritas penerbangan yang ada di Indonesia menempatkan maskapai Travira Air sebagai maskapai yang paling tepat waktu hingga ketepatan waktunya mencapai 100 persen dari 47 penerbangan yang dilakukannya. Diurutan kedua ditempati maskapai Nam Air dengan catatan ketepatan waktu 92,9 persen dari 3.477 penerbangan, selanjutnya Batik Air dengan 90,78 persen dari 13.536 penerbangan, dan diikuti Garuda Indonesia dengan catatan ketepatan waktu 88,53 persen dari 164.623 penerbangan.

2. Mengecek Catatan Kecelakaan Pesawat
Dalam sebuah perjalanan tentunya faktor keselamatan adalah yang menjadi pilihan utama, begitu juga bila anda memilih maskapai penerbangan untuk menemani kegiatan traveling. Sebelum memilih maskapai penerbangan ada baiknya sobat traveler mengecek history sebuah maskapai dengan memeriksa data kecelakaan maskapai yang bersangkutan pada situs Airsafe.com yang bisa memberikan info berbagai kejadian kecelakaan yang pernah terjadi dari setiap maskapai penerbangan di seluruh dunia. Hal ini akan memberikan gambaran seberapa aman maskapai yang mungkin akan anda pilih, karena di Indonesia seringkali terjadi kecelakaan pesawat yang menyebabkan banyak korban jiwa atau kecelakaan kecil yang tidak merenggut jiwa, sehingga anda benar-benar akan merasa aman memilih maskapai penerbangan.

3. Mendapatkan Info Award yang Pernah Diterima
Untuk memilih maskapai penerbangan yang akan sobat pergunakan menemani traveling memang memerlukan kejelian dan ketelitian. Bila penerbangan dalam negeri tentu sobat traveler akan mendapatkan banyak sumber informasi sehingga bisa dengan mudah menentukan maskapai mana yang akan anda pilih. Namun untuk penerbangan ke luar negari sobat traveler harus pandai-pandai mendapatkan informasi untuk memilih maskapai mana yang tepat dan aman untuk menemani perjalanan anda. Salah satu tolak ukur untuk mengetahui kredibilitas sebuah maskapai penerbangan adalah dengan melihat award yang telah pernah diterima maskapai yang bersangkutan, seperti Garuda Indonesia yang pernah menerima penghargaan award World’s Best Cabin Crew pada tahun 2014. Hal ini akan memberikan gambaran kepada kita tentang seberapa layak maskapai yang akan kita pilih.

4. Harga Mempengaruhi Pelayanan
Faktor utama dalam pemilihan sebuah maskapai adalah harga yang murah, namun perlu sobat traveler ketahui bahwa pada umumnya maskapai yang memberikan harga yang terlampau murah akan mengurangi fasilitas kenyaman untuk menekan biaya penerbangan sehingga jangan berharap menggunakan pesawat dengan biaya yang rendah atau Low Cost Carrier namun memperoleh kenyamanan yang baik. Beberapa pilihan maskapai dengan biaya rendah diantaranya Lion Air, Sriwijaya Air, Air Asia, dan Batik Air.

5. Standarisasi Pelayanan dan Kenyamanan
Setiap maskapai tentu mempunyai standarisasi pelayanan dan kenyamanan yang berbeda-beda namun ada beberapa point penting yang bisa sobat traveler ketahui untuk mengukur tingkat kenyamanan dan pelayanan sebuah maskapai seperti berapa besar bagasi gratis yang disediakan, jarak tempat duduk antar penumpang, in-flight meals, customer service dan kecepatan pelayanan kepada konsumen. Maskapai di Indonesia yang mengutamakan pelayanan dan kenyamanan kepada para penumpangnya diantaranya maskapai Garuda Indonesia, Batik Air dan Sriwijaya Air.

6. Mencari Berbagai Info Tentang Maskapai
Untuk menentukan pilihan maskapai mana yang tepat dan aman bagi sobat traveler yang menggunakan sarana penerbangan ada baiknya melihat berbagai testemoni atau review dari penumpang yang sudah terlebih dahulu menggunakan pelayanan sebuah maskapai penerbangan yang akan anda pilih. Dengan mengetahui berbagai informasi baik dari media internet atau dari teman, saudara, sahabat dan orang yang kita percayai sobat traveler akan mempunyai ketetapan untuk memilih maskapai mana yang akan dipilih guna menemani perjalanan.

Semua maskapai yang beroperasi tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya, tinggal bagaimana sobat traveler pandai-pandai mendapatkan berbagai informasi sebagai bahan pertimbangan sebelum menentukan maskapai mana yang akan dipilih untuk menemani perjalanan selama traveling. Selamat memilih maskapai favorit anda dan nikmati terbang bersama orang-orang terkasih. Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda

0 Response to "Tips Memilih Maskapai yang Tepat dan Aman"

Posting Komentar