8 Tips Melakukan Arum Jeram dengan Aman | WISESATRAVEL.COM

8 Tips Melakukan Arum Jeram dengan Aman

Salah satu olahraga ekstrem yang saat ini digemari berbagai kalangan mulai tua muda, remaja bahkan anak-anak adalah Arum Jeram atau lebih dikenal dengan Rafting. Rafting adalah olahraga mengarungi derasnya arus sungai melewat jeram atau rintangan alam dengan menggunakan perahu karet dan dayung, tentunya sangat menantang untuk dicoba karena benar-benar memacu adrenalin anda. Namun olahraga ini tergolong olahraga yang berbahaya, sehingga keamanan dan keselamatan harus selalu diutamakan. 

Berikut Tips Wisesatravel untuk anda agar dapat Arum Jeram dengan aman dan menikmati sensasi berarum jeram, simak tipsnya dan segera jalankan aktifitasnya :

Mencari Info Tentang Sungai
Mendapatkan info tentang sungai yang akan kita arungi akan membantu anda mengenal dan mengetahui medan yang akan dihadapi. Informasi yang perlu kita ketahui diantaranya berupa panjang sungai, derasnya arus, jenis-jenis bebatuan dan zona-zona ekstrim, dengan mengetahui beberapa info tersebut paling tidak anda akan memperoleh gambaran medan yang akan kita lalui meskipun pada kenyataanya nanti medan yang akan kita lalui bisa lebih sulit atau lebih mudah dari gambaran kita

Percayakan Kegiatan Arum Jeram pada Pemandu yang terpercaya
Arum Jeram
Banyak agen yang menawarkan paket Arum Jeram, namun ada baiknya anda benar-benar mengetahui dan memilih agen professional yang sudah diketahui kinerjanya untuk melakukan kegiatan ini. Di wilayah Jawa Timur ada beberapa agen atau operator yang menyediakan paket Arum Jeram diantaranya Regulo Arus Liar, Songa Adventure, Noars. Pemilihan agen atau operator yang professional berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan selama melakukan kegiatan Arum Jeram.

Makanlah 2-3 Jam sebelum Arum Jeram
Arum Jeram atau Rafting adalah olahraga yang akan menghabiskan tenaga dan energi, jadi ada baiknya anda mengisi perut sebelum melakukan rafting. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan makan beberapa saat sebelum rafting akan dilakukan, tetapi paling tidak 2-3 jam sebelum Rafting dilakukan karena kalau anda makan beberapa saat sebelum Rafting menyebabkan anda mual-mual bahkan muntah.

Melakukan Pemanasan Sebelum Rafting
Sebelum Arum Jeram hendaknya melakukan pemanasan, karena banyak hal yang akan terjadi selama Arum Jeram, anda bisa saja diharuskan lompat atau berenang tiba-tiba untuk menghindari cedera otot disarankan untuk melakukan pemanasan 10-15 menit sebelum Arum Jeram dimulai, pemanasan penting juga dilakukan untuk melenturkan otot.
  
Perhatikan Fasilitas yang disediakan
Karena Arum Jeram tergolong olahraga yang berbahaya faktor keamanan dan keselamatan harus benar-benar diperhatikan. Sebelum Arum Jeram dimulai perhatikan peralatan standart yang akan anda gunakan, pilih helm atau pelampung yang masih dalam kondisi bagus, dan pastikan juga penggunaannya dengan benar. Helm usahakan bisa dipakai dengan nyaman, tidak kebesaran atau kekecilan dan masih ada tali helmnya supaya saat digunakan tidak terlepas, begitu juga dengan pelampung harus masih dalam kondisi yang baik juga.

Mendengarkan dan Memahami Instruksi dengan Benar
Bagian yang paling penting agar Arum Jeram bisa berjalan dengan aman adalah mendengarkan dan memahami dengan benar instruksi yang diberikan oleh pemandu, tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan disaatArum Jeram sedang berlangsung. Jangan sampai anda kebingungan atau tidak tahu apa yang harus dilakukan ditengah-tengah derasnya arus sungai.

Jangan Panik di saat perahu terbalik
Tidak panik atau tetap tenang adalah salah satu tips aman Arum Jeram, kejadian yang sering terjadi pada saat melakukan Arum Jeram adalah perahu karet yang digunakan terbalik. Jika anda mengalami kondisi ini jangan keburu panik, usahakan tetap tenang karena pelampung yang anda kenakan akan membuat anda tetap mengapung. Sikap panik malah akan membuat anda bisa terbawa arus sungai. Jadi usahakan jangan panik ketika perahu yang kita gunakan terbalik.

Have Fun tapi jangan sampai lengah
Bercanda dan bersuka ria sah-sah saja dilakukan pada saat berwisata adrenalin atau pada saat Arum Jeram, menggoda teman yang tidak bisa berenang dengan baik misalnya. Namun kondisi tersebut jangan sampai membuat kita lengah dan mengesampingkan faktor-faktor keselamatan. Harus tetap fokus dan waspada terhadap semua kemungkinan yang akan terjadi agar kita bisa tetap aman dan menikmati kegiatan Arum Jeram ini.

Semoga tipsnya bisa bermanfaat dan berguna.. Tunjukkan keberanian anda sekarang juga :) Selamat mencoba Arum Jeram

0 Response to "8 Tips Melakukan Arum Jeram dengan Aman"

Posting Komentar