10 Tips Berlibur dengan Aman dan Nyaman | WISESATRAVEL.COM

10 Tips Berlibur dengan Aman dan Nyaman

Liburan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu semua anggota keluarga terutama bagi anak-anak. Di musim liburan akan banyak sekali tempat-tempat wisata yang di penuhi para pengunjung. untuk itu kita harus pandai-pandai menentukan destinasi wisata mana yang akan kita kunjungi, sehingga liburan kita bersama keluarga akan berjalan sesuai dengan apa yang telah kita harapkan dan telah kita rencanakan bersama. Setelah mengetahui Tips Mendapatkan Hotel Murah dan Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah, berikut Tips agar kegiatan liburan dengan keluarga bisa berjalan dengan Aman dan Nyaman, tidak di ributkan dengan hal-hal kecil yang bisa menganggu jalannya liburan anda bersama keluarga :

1. Mencari Informasi Tempat Wisata
Sebelum berangkat ke tempat tujuan yang anda inginkan, ada baiknya mencari informasi sebanyak dan sedetail mungkin mengenai tempat wisata yang akan kita kunjungi. Baik itu budaya setempat, kuliner, maupun hotel dan penginapan. Informasi dapat kita peroleh dari media online, atau berbagai media lainnya seperti info dari para Blog Traveller atau dari pusat-pusat informasi wisata lainnya. Hal ini berguna sebagai referensi dan pengetahuan kita, agar kita sedikit banyak tahu kondisi tempat yang akan kita kunjungi.

Liburan Aman dan Nyaman
2. Menentukan Biaya Perjalanan
Setelah semua informasi dari tempat tujuan liburan kita dapatkan, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan biaya perjalanan anda dengan anggaran atau kemampuan anda, jangan sampai biaya yang kita anggarkan untuk liburan bersama keluarga membengkak melebihi anggaran yang telah ditentukan. Salah satu upaya untuk mencegah pembekakan biaya pada saat liburan adalah tidak memaksakan untuk pergi ketempat wisata yang melebihi budget anda, upayakan untuk selalu mencari perbandingan harga terbaik dari segi transportasi maupun penginapan, namun harus tetap mempertimbangkan segi kenyamanan keluarga anda.

3. Buat Daftar Kunjungan (Itinerary)
Menentukan tempat yang akan kita tuju dengan membuat daftar tempat wisata yang akan dikunjungi merupakan cara untuk mengoptimalkan waktu secara efesien dan efektif  agar tidak banyak waktu yang terbuang, daftar perjalanan ini bisa juga dilengkapi dengan perkiraan waktu, rute, kegiatan dan alat transportasi yang bisa dipergunakan.

4. Usahakan Mendapatkan Tiket Promo
Pada saat menjelang liburan atau masa liburan harga tiket pesawat dan hotel atau penginapan biasanya mengalami kenaikan harga, langkah terbaik adalah menentukan jauh-jauh hari rencana liburan anda, sehingga anda bisa mendapatkan tiket pesawat promo atau hotel dengan biaya lebih murah. Bisa juga anda berlangganan info promo hotel melalui email untuk mengetahui penawaran harga terbaik dari berbagai hotel untuk mendukung kegiatan liburan anda dan keluarga.

5. Menggunakan Tranportasi Umum
Bila pergi berlibur dengan keluarga menggunakan transportasi umum, anda harus benar-benar mengetahui jadwal dan ketersedian transportasi di tempat wisata tujuan anda. Jam berapa kita harus berangkat dan jam berapa harus kembali atau meninggalkan tempat wisata tersebut, sehingga kita tidak membuang waktu percuma hanya karena kesulitan memperoleh sarana tranportasi
  
6. Membawa Peta Wisata
Peta wisata sangat penting kegunaannya di saat anda bepergian sendiri atau tanpa menggunakan guide dari travel agent, hal ini sebagai petunjuk kemana seharusnya kita akan berjalan, disamping itu bisa menghemat waktu dalam perjalanan karena kita tidak harus berputar-putar mencari lokasi tujuan wisata kita. Bagi anda yang menggunakan gadget android, fasilitas google map bisa dipergunakan dan dimanfaatkan untuk mengetahui keberadaan lokasi tempat wisata kita.

7. Mempersiapkan Dokumen Pribadi
Kemanapun Tujuan berlibur kita, mempersiapkan dokumen pribadi seperti KTP sangatlah penting,  terutama SIM bila anda mengendarai mobil atau kendaraan lainnya untuk berlibur bersama keluarga. Kelengkapan data pribadi ini sangat berguna disaat anda melakukan pemesanan hotel, adanya pemeriksaan atau operasi yustisi dan lain-lain. Bagi yang berlibur ke luar negeri, kelengkapan data seperti Pasport dan atau Visa otomatis harus dilengkapi, bila tidak mau dianggap masuk Negara lain secara illegal.

8. Bawa Uang Tunai Secukupnya
Di saat berlibur bersama keluarga atau bepergian seorang diri ada baiknya untuk tidak membawa uang tunai berlebihan, yang terpenting cukup dipergunakan selama perjalanan. Namun bila benar-benar dalam kondisi kekurangan kita bisa mengambil dana di ATM di sepanjang perjalanan.

9. Persiapkan Obat Pribadi
Bila kita bepergian apalagi dengan mengajak anak-anak harus benar-benar dipersiapkan, membawa obat-obatan seperti obat mual, obat diare, obat panas-dingin, obat sakit kepala, Maag, minyak kayu putih dan lain-lain bisa sangat berguna selama dalam perjalanan. Bagi yang memiliki penyakit khusus seperti asma disarankan untuk membawa obat sendiri sebagai langkah antisipasi, demi kenyaman libuaran anda.

10. Mempersiapkan Perlengkapan Berlibur
Mempersiapkan segala perlengkapan untuk kegiatan berlibur kita dengan keluarga adalah komponen yang penting, jangan sampai barang yang benar-benar kita butuhkan malah tertinggal. Jika memang diperlukan buatlah daftar barang-barang yang dibutuhkan selama berlibur nanti, hal ini menghindari barang keperluan kita tertinggal.

Dengan perencanaan yang matang, kegiatan berlibur kita dengan keluarga akan terasa lebih aman dan nyaman. Hidup perlu dinikmati, bukan di sesali..Travelling lah sebelum terlambat :)

6 Responses to "10 Tips Berlibur dengan Aman dan Nyaman"

  1. Yap,setuju! bermanfaat
    klik disini untuk mendapatkan tips dan trik lainnya

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berkenan berkunjung ke website kami, sukses selalu buat mbak HANNA ROSITA

    BalasHapus
  3. wah sangat bermanfaat terimakasih
    http://www.wisatakitakita.com/2018/01/pantai-popoh-surga-panti-di-tulungagung.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liburan memang kegiatan yang akan selalu kita rindukan :D
      Terima kasih mas RY AN, sudah berkenan mampir ke website kami Sukses selalu buat mas RY AN

      Hapus
  4. liburan emang bseru, tapi kalo lagi solo traveling suka takut gak aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap berpositif thinking saja, selama kita bisa membawa diri dan memahami kondisi sekitar solo traveling pasti aman-aman saja :). Sukses selalu buat Malaspulang.com

      Hapus