Mendaki 3 Gunung Di Jawa Timur Dengan Biaya Minim | WISESATRAVEL.COM

Mendaki 3 Gunung Di Jawa Timur Dengan Biaya Minim

Kita tahu bersama bahwa mendaki gunung atau hiking merupakan salah satu aktifitas outdoor yang bisa di bilang ekspensive atau mahal. Hal ini bisa diketahui dari perlengkapan yang biasa dipergunakan untuk menjalanankan aktifitas ini seperti tenda, sleepingbag, tas carier, perlengkapan memasak, sepatu trekking dan berbagai perlengkapan lainnya yang harganya bisa rata-rata diatas 100 ribu rupiah. Belum lagi kita harus mengeluarkan biaya untuk logistik dan biaya perjalanan menuju lokasi gunung yang akan kita daki. Namun besarnya biaya yang harus dikeluarkan seorang pendaki tidak menghalangi niat mereka untuk terus menjalankan hobi yang dicintainya ini.
Mendaki ke Gunung Welirang-Arjuno

Bagi Sobat traveler yang berada di wilayah Surabaya dan sekitarnya, bisa memulai aktifitas mendaki gunung dengan biaya yang minim, bahkan 3 gunung sekaligus. Kok bisa sobat? iya bisa, karena gunung yang akan kita daki lokasinya berdekatan sehingga bisa meminimalkan biaya yang akan kita keluarkan. Oke baiklah sobat, seperti biasa sebelum melakukan aktifitas yang menantang ini sobat-sobat semua harus mempersiapkan diri dari segi fisik, mental maupun berupaya memahami pengetahuan dasar pendakian dengan baik. Untuk perlengkapan standar mendaki bila masih belum memiliki dapat meminjam kepada teman, saudara, senior, atau siapapun yang memilikinya..Jadi lebih irit kan!! Untuk biaya logistik selama pendakian dapat patungan dengan beberapa rekan seperjalanan sehingga akan menekan biaya pengeluaran.

Setelah semua persiapan telah kita lakukan kini saat menuju medan yang sebenarnya, gunung yang akan kita daki adalah Gunung Welirang, Arjuno dan gunung Penanggungan. Ketiga lokasi gunung ini berdekatan bahkan gunung Welirang dan Arjuno mempunyai jalur pendakian yang sama hingga pos III Pondokan bila ditempuh dari rute Tretes Prigen. Sedangkan untuk menuju awal pendakian gunung Penanggungan dibutuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit perjalanan dari perijinan gunung Welirang-Arjuno.

Gunung Welirang Dan Arjuno
Lokasi awal pendakian gunung Welirang dan Arjuno via Tretes sebenarnya bisa ditempuh dengan berbagai sarana transportasi seperti kendaraan umum, kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan roda dua. Namun agar lebih efektif dan efisien menggunakan kendaraan roda dua bisa menjadi alternatif pilihan yang baik. Selain  terhindar dari kemacetan juga bisa menekan biaya perjalanan menuju lokasi awal pendakian. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan dari Surabaya menuju lokasi awal pendakian dan perijinan kedua gunung ini. Gunung Welirang mempunyai ketinggian 3.156 mdpl, sedangkan gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl. Jalur pendakian kedua gunung ini mempunyai kesamaan bila ditempuh melalui jalur Tretes, awal pendakian melalui Pos I Pet Bocor, selanjutnya Pos II Kop-Kopan, dan Pos III Pondokan. Dari Pos III Pondokan untuk menuju puncak gunung Welirang mengambil jalur ke kanan melewati hutan pinus, dan pepohonan khas hutan lainnya hingga mencapai puncak Welirang, dibutuhkan waktu 2-3 jam perjalanan untuk menggapai puncak gunung Welirang dari Pos III Pondokan bergantung kepada kondisi fisik masing-masing. 

Sedangkan untuk menggapai puncak gunung Arjuno dibutuhkan perjuangan lebih ekstra, karena medan yang dilewati juga berat berupa jalur hutan pinus, tanjakan dan pungungan berbatu yang menguras tenaga. Waktu tempuh untuk menggapai puncak Arjuno dari Pos III Pondokan adalah 4-5 jam perjalanan bergantung kondisi fisik masing-masing. Sehingga bila sobat traveler menginginkan melihat sunrise di puncak Arjuno harus berangkat di tangah malam, dan harus berjuang melawan dinginnya udara malam yang menusuk tulang. Namun bila sudah sampai di puncak gunung Arjuno yang dikenal sebagai puncak Ogal-Agil semua kelelahan akan sirna, karena panorama dari puncak Arjuno begitu indah. Kita serasa berada di negeri atas awan, dari puncak ini juga bisa kita saksikan kota-kota di bawah seperti Surabaya, Malang, Pasuruan dan pemandangan laut lepas. Panorama lain yang tidak kalah indahnya adalah gugusan gunung lainnya disekitar puncak Arjuno yaitu gunung Welirang, gunung Kembar 1 dan 2, gunung Ringgit, gunung Anjasmoro dan bila cuaca sedang cerah dapat kita saksikan gunung Semeru di kejahuan. 

Gunung Penanggungan
Setelah turun dari gunung Welirang dan Arjuno, bagi sobat traveler yang masih memiliki fisik yang prima dapat langsung melanjutkan pendakian menuju gunung Penanggungan melalui jalur Desa Tamiajeng-Trawas, yang merupakan jalur terpendek menuju puncak Gunung Penanggungan yang juga dikenal sebagai gunung Pawitra ini. Gunung Penanggungan mempunyai ketinggian 1.653 mdpl, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan dari pos perijinan menuju puncak gunung Penanggungan. Namun jangan salah, meskipun ketinggian gunung Penanggungan hanya 1.653 mdpl tidak mudah menggapai puncak gunung ini, karena medannya yang begitu berat, ditambah lagi jalur pendakian gunung Penanggungan melalui Desa Tamiajeng  Trawas tidak terdapat sumber air, sehingga kita harus membawa bekal air dari bawah gunung. Dianjurkan mendaki gunung Penanggungan di malam hari karena di siang hari udara panas akan membuat tubuh kita cepat lelah. Ketika berhasil menggapai puncak gunung kita akan disuguhkan panorama pemandangan yang indah, hamparan awan dan pemandangan kota-kota di bawah menjadi pengobat rasa lelah yang mujarab.

Estimasi Biaya
Perlengkapan Mendaki : 
Bila belum memiliki disarankan meminjam, karena akan menghemat biaya daripada harus membeli atau menyewa :) 

Biaya Logistik :
Untuk 2 Gunung, Welirang dan Arjuno biaya logistik bergantung kebutuhan dan estimasi waktu perjalanan, bisa Rp. 150.000/orang atau lebih hemat Rp 100.000/orang bila kita berangkat minimal berdua untuk estimasi waktu 3 hari 2 malam.
Untuk Gunung Penanggungan logistik bisa lebih praktis, karena waktu tempuh yang pendek. 
Logistik bisa berupa roti kering, kue-kue, atau menu wajib mie instan, Anggaran Rp. 50.000/orang

Biaya Perjalanan dan Makan :
Bensin dari Surabaya ke Tretes dan Trawas PP + Makan di perjalanan Rp. 75.000

Biaya Perijinan  :
Rp. 10.000/orang untuk perijinan gunung Welirang dan Arjuno
Rp. 5.000/orang untuk perijinan gunung Penanggungan. 

Biaya Parkir :
Rp. 5.000 untuk parkir di lokasi perijinan gunung Welirang dan Arjuno. Serta Rp. 5.000 untuk parkir di perijinan gunung Penanggungan

Dengan total biaya sekitar 250.000 s/d 300.000 sobat traveler sudah bisa mendaki di 3 gunung yang berbeda, gunung Welirang, Arjuno dan Penanggungan. Nah bagaimana sobat traveler, berani terima tantangan mendaki di 3 gunung berbeda dengan biaya yang murah? Lets Climb!! Baca juga : 7 Tips Bagi Pendaki Pemula

2 Responses to "Mendaki 3 Gunung Di Jawa Timur Dengan Biaya Minim"

  1. Tiket masuknya apa nggak kebalik.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan mengunjungi website kami

      Tiket masuk terakhir Tim Wisesatravel berkunjung dan mendaki
      Gunung Arjuno dan Welirang Rp. 10.000
      Gunung Penanggungan Rp. 5.000

      *Semoga tidak ada kenaikan

      Mudah-mudahan bisa bermanfaat

      Hapus