Memahami Perbedaan Booking dan Issued Tiket Pesawat | WISESATRAVEL.COM

Memahami Perbedaan Booking dan Issued Tiket Pesawat

Saat pesan dan membeli tiket pesawat tentu kita pernah mendengar istilah booking dan Issued Tiket, dua istilah ini merupakan dua hal yang berbeda. Seringkali konsumen atau pelanggan tiket rancu dalam membedakan dua istilah antara booking dan issued. Memang tidak semua pelanggan atau konsumen mengetahui perbedaan dari kedua istilah tersebut, mereka seringkali beranggapan bahwa bila sudah booking tiket berarti sudah harus membayar di travel agen atau maskapai yang dipilih, atau bila sudah melakukan booking sudah pasti bisa membeli tiket yang telah di booking.
Contoh Hasil Booking Lion Air-image mastertiket.wordpress.com

Istilah Booking dan Issued sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti pemesanan, dan Issued yang berarti diterbitkan. Dari dua arti istilah diatas sudah bisa dipastikan bahwa ada perbedaan bukan? dan yang jelas pengunaan kedua istilah tersebut pasti ada perbedaan. Nah untuk lebih jelasnya mari kita bahas pengertian booking dan issued di dunia pemesanan tiket pesawat.

Booking Tiket Pesawat
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa booking berarti pemesanan, dalam hal ini berarti pemesanan tiket pesawat. Bagi sobat traveler atau konsumen yang telah melakukan booking tiket pesawat untuk rute dan tujuan tertentu bisa diartikan telah menahan harga, atau mendapatkan seat dengan harga yang dipilih sampai batas waktu tertentu. Maksudnya disini setelah booking tiket kita akan mendapatkan time limit booking atau batas akhir pembayaran tiket, sehingga apabila sampai batas akhir time limit tiket belum terbayar, secara otomatis bookingan yang kita lakukan akan tercancel. Bila kita mengalami hal ini belum tentu saat mengecek kembali rute, tanggal dan jam sama bisa mendapatkan harga yang sama seperti pada saat awal kita booking. Perubahan harga tiket pesawat bisa cepat sekali, tidak dalam hitungan satu atau dua jam, dalam hitungan menit saja harga tiket pesawat bisa berubah apalagi bila sedang musim liburan. Booking tiket pesawat di travel agen atau di maskapai yang menjadi pilihan anda tidak dikenakan biaya alias gratis, namun dengan batas waktu tertentu, hal ini perlu dipahami dengan baik agar tidak terjadi salah paham antara anda dan petugas travel, tidak lucu kan anda marah-marah karena merasa sudah booking tiket, namun telat membayar karena time limit sudah habis. 

Issued Tiket Pesawat
Istilah berikutnya adalah Issued yang berarti diterbitkan, dicetak atau dikeluarkan tiket pesawat sesuai dengan data yang dimasukkan dalam proses booking. Issued tiket pesawat akan dilakukan oleh travel agen atau maskapai setelah anda menyetujui rute, jam keberangkatan, tanggal keberangkatan dan harga sesuai yang diinfokan atau diketahui sebelumnya. Bedanya bila anda membeli tiket pesawat di travel agen secara langsung pembayaran bisa dilakukan setelah proses issued dilakukan, namun bila membeli di maskapai melalui website resminya anda harus membayar biaya atau harga tiket terlebih dahulu baru tiket akan di proses issued oleh maskapai setelah melakukan konfirmasi pembayaran. Harap diingat dan diperhatikan juga bahwa tiket yang telah diproses issued tidak bisa dirubah namanya lagi, sehingga sobat-sobat traveler harus benar-benar meneliti kebenaran nama penumpang pada saat proses booking.

Jadi intinya disini proses booking yang anda lakukan baik di travel agen atau maskapai yang menjadi pilihan anda tidak dikenakan biaya apapun namun dengan batas waktu atau time limit booking yang harus diperhatikan, agar jangan sampai harga tiket murah yang kita dapatkan tercancel secara otomatis karena kita tidak segera melakukan pembayaran sebelum masa time limit berakhir. Sedangkan proses issued, sobat traveler harus mengeluarkan biaya yaitu sesuai harga tiket yang telah dipilih atau disepakati karena tiket pesawat akan dicetak oleh travel atau maskapai yang bersangkutan. Semoga infonya bisa bermanfaat, baca juga : Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

0 Response to "Memahami Perbedaan Booking dan Issued Tiket Pesawat"

Posting Komentar