Pantai Pulau Merah Surga Bagi Penggemar Surfing | WISESATRAVEL.COM

Pantai Pulau Merah Surga Bagi Penggemar Surfing

Jawa Timur dikenal memiliki beragam keindahan alam yang menjadi daya tarik wisata bagi semua orang baik wisatawan domistik maupun mancanegara, ada keindahan Sunrise di gunung Bromo yang terkenal, Danau Ranu Kumbolo di Lereng Semeru yang merupakan surga bagi pendaki dan petualang alam bebas, Blue Fire di Kawah Ijen dan beberapa pesona alam lain yang sangat indah dan mempesona. Salah satunya adalah Pantai Merah atau terkenal dengan Red Island di Banyuwangi, merupakan salah satu keindahan alam lain yang bisa ditemukan di Jawa Timur. Pulau Merah atau pantai Pulau Merah adalah sebuah pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumber Agung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pulau ini memikat banyak wisatawan karena bentuknya yang menyerupai pegunungan di tengah pantai dengan perpaduan pasir putih sepanjang 3 km dan airnya yang jernih seperti kristal sehingga semakin menambah pesona pantai Pulau Merah. Bila kita saksikan dari sebelah Timur pantai terdapat barisan gunung, dan banyak ditumbuhi pohon kelapa serta pisang sehingga terlihat subur, dari selatan pantai Pulau Merah dapat kita nikmati keindahan Sunset yang mempesona di sore hari yang akan membawa kesan tersendiri bagi pengunjung.

Pada awalnya pantai yang indah ini bernama pantai Ringin Pitu, namun karena mempunyai keunikan yaitu ketika air laut surut tanah dan tepian bebatuan di sekitar pantai berwarna merah sehingga pada akhirnya pantai ini dinamakan Pantai Pulau Merah. Sebenarnya ada dua versi yang berkembang di masyarakat sekitar tentang penamaan pulau ini sebagai Pulau Merah, versi yang pertama karena warna tanah dan pasirnya kemerahan bila disaksikan dari pulau setinggi 200 meter yang ada di Pulau Merah, dan versi yang kedua konon dihadapan pantai yang berjarak 100 meter pernah memancarkan cahaya merah sehingga masyarakat sekitar menamainya dengan pantai pulau Merah. Terlepas dari apapun yang berkembang tentang penamaan Pantai Pulau Merah di masyarakat sekitar, yang jelas pantai ini telah menjadi salah satu obyek tujuan wisata yang menarik yang patut kita jaga kelestariannya.

Surfing Di Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Di waktu-waktu tertentu banyak sekali wisatawan asing yang berkunjung ke Pantai Pulau Merah, untuk melakukan kegiatan Surfing atau berselancar, karena ombak di pantai yang masuk dalam kawasan Teluk Pancer ini sangat besar bisa mencapai ketinggian 4-5 meter sehingga sangat disukai oleh para peselancar, baik peselancar pemula maupun yang profesional. Keindahan pantai yang mempesona dengan perpaduan hawa gunung yang sejuk membuat para pengunjung betah dan merasa seperti berada di surga. Pemkab Banyuwangi selaku pengelola kawasan wisata Pantai Pulau Merah juga bertekad menjadikan Pantai Pulau Merah sebagai salah satu destinasi wisata surfing atau selancar yang akan menjadi andalan Banyuwangi dalam dunia pariwisata, salah satu tindakan nyatanya adalah telah sukses menyelenggarakan kejuaran Surfing tingkat Internasional yang diselenggarakan pada 23-25 Mei 2014 silam yang dihadiri hampir 20 peselancar atau surfer dari 20 negara di dunia. Selain itu Pemkab Banyuwangi juga terus mengembangkan sarana dan prasarana seperti perbaikan akses jalan dan fasilitas lainnya yang ada di kawasan Pantai Pulau Merah.

Untuk mencapai pantai Pulau Merah pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan roda dua atau kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan pribadi atau roda dua pengunjung bisa langsung menuju pantai ini, berjarak sekitar 60 km ke arah selatan kota Banyuwangi, dengan menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam dan melewati wilayah pedesaan serta perbukitan untuk bisa sampai di pantai Pulau Merah. Disetiap rute persimpangan jalan akan terdapat petunjuk arah untuk bisa sampai dipantai, akses jalannya pun termasuk baik dan mudah dijangkau. Sedang bila menggunakan transportasi umum, dari Banyuwangi anda bisa menggunakan bus jurusan Pesanggaran dan dilanjutkan naik ojek ke pantai Pulau Merah. Bila anda datang dari arah Jember, bisa turun di terminal Jajag, dan dilanjutkan menuju jurusan Pesanggaran. Namun bila anda menggunakan pesawat dari kota asal, untuk menuju pantai Pulau Merah dari bandara Blimbingsari Banyuwangi ada baiknya anda menyewa mobil sebagai sarana transportasi untuk mengunjungi pantai yang indah ini.

Semua keindahan dan pesona alam yang dititipkan Tuhan kepada kita tidak akan bertahan bila kita semua tidak menjaga dan melestarikannya, marilah kita jaga selalu titipan ini bukan demi kita saja, tetapi demi anak cucu kita agar mereka juga bangga menjadi bagian nusantara yang indah ini, selamat berkunjung ke Pantai Pulau Merah dan nikmati sensasinya :)

0 Response to "Pantai Pulau Merah Surga Bagi Penggemar Surfing"

Posting Komentar