Menikmati Indahnya Api Biru Kawah Ijen | WISESATRAVEL.COM

Menikmati Indahnya Api Biru Kawah Ijen

Indonesia memang di kenal mempunyai berbagai macam wisata alam yang indah, mulai pantai, air terjun, danau ataupun gunung. Semua wisata alam yang ada di Indonesia menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona sehingga banyak wisatawan dari mancanegara yang terpesona dan jatuh cinta pada keindahan alam di negara kita ini. Pegunungan Ijen atau Kawah Ijen adalah salah satu tempat indah yang juga menjadi icon pariwisata di Jawa Timur serta menjadi tujuan para wisatawan baik mancanegara maupun domistik untuk berkunjung dan menikmati keindahan alamnya. Gunung Ijen atau Kawah Ijen mempunyai ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut dan merupakan penambangan belerang terbesar di Jawa Timur yang masih menggunakan cara tradisional. Kawah Ijen berada di kawasan Wisata Kawah Ijen dan Cagar Alam Taman Wisata Ijen, lebih tepatnya terletak di Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Kabupaten Bondowoso. Puncak Kawah Ijen menjadi satu rangkaian dengan gunung Bromo, Semeru dan Merapi yang merupakan rentetan gunung berapi di Jawa Timur. Kawah Ijen terkenal sebagai salah satu kawah paling asam terbesar di dunia yang mempunyai dinding kaldera setinggi 300-500 meter dengan luas kawah mencapai 5.466 hektar, dan merupakan kawah kaldera terbesar di Pulau Jawa dengan ukuran luas mencapai 20 km. Ukuran kawah gunung Ijen sendiri mencapai 960 meter x 600 meter dan terletak lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

Blue Fire Kawah Ijen
Keindahan Kawah Ijen bisa kita saksikan saat matahari terbit, sinar matahari pagi dari balik kembaran gunung Ijen, gunung Merapi, yang memancarkan sinarnya ke bawah kawah akan memancarkan warna hijau toska sungguh pemandangan yang menakjubkan, sayang bila kita lewatkan dan tidak kita abadikan dengan kamera yang kita bawa. Warna air kawah yang hijau kebiruan dan terlihat tenang semakin menambah keindahan kawah Ijen di pagi hari. Volume air kawah yang mencapai 200 juta meter kubik akan menggoda kita untuk bisa mendekatinya, namun kita tidak diperkenankan turun ke kawasan kawah karena sangat berbahaya, panasnya bisa mencapai 200 derajat Celsius dan mempunyai derajat keasaman mendekati nol sehingga mampu melarutkan pakaian bahkan tubuh manusia secara cepat.

Keindahan dan keajaiban lain Kawah Ijen dapat kita saksikan pada saat dini hari, sekitar pukul 01.00, sebelum matahari menyuguhkan keindahan sun rise di kawah Ijen. Danau Kawah Ijen menghadirkan keajaiban dan keindahan lain yaitu berupa suguhan pancaran sinar biru yang berasal dari kawahnya, atau lebih dikenal dengan api biru (blue fire). Sinar warna biru ini terbentuk dari aliran cairan belerang yang seakan mengalir tanpa henti dan dikeringkan oleh angin. Yang nantinya bisa kering menjadi batu dan dicacah oleh para penambang sehingga bisa diangkut kebawah sebagai bahan industri kimia serta sebagai bahan penjernih gula.

Keramah tamahan masyarakat lokal semakin membuat lengkap Wisata Kawah Ijen, selain indah dan mempesona alamnya, adat istiadat serta budaya masyarat lokal menjadi satu paket wisata yang sayang kalau dilewatkan bila kita singgah dan berkunjung ke Jawa Timur. Meskipun sibuk dengan pekerjaannya menambang belerang, para penambang akan meluangkan sedikit waktunya untuk berkomunikasi dan membalas tegur sapa atau bahkan berfoto dengan anda sekalipun. Satu contoh yang patut diteladani bila kita berkeinginan meningkatkan kunjungan pariwisata ke negara kita.

Keindahan alam Indonesia tidak akan bertahan lama, kalau kita semua tidak mempunyai kesadaran untuk tetap melestarikannya. Untuk itu mulai saat ini, besok, lusa dan seterusnya marilah sama-sama kita jaga kelestarian alam anugerah dari Tuhan ini, agar kelak anak cucu kita tetap dapat menikmatinya, Salam Lestari untuk Ibu Pertiwi. Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "Menikmati Indahnya Api Biru Kawah Ijen"

Posting Komentar