Info Pembagian Kelas KA di Indonesia | WISESATRAVEL.COM

Info Pembagian Kelas KA di Indonesia

Kereta Api masih menjadi sarana favorit bagi masyarakat menengah ke bawah, karena disamping harganya lebih terjangkau pelayanan kereta api Indonesia saat ini juga semakin baik dan dapat diandalkan. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya pengguna sarana transportasi ini dari tahun ke tahun. PT. KAI selaku pengelola Perkeretaapian di Indonesia selalu berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan baik dari segi ketepatan waktu keberangkatan maupun dari segi kebersihan dan kenyamanan gerbong bagi pengguna sarana ini. Terbukti saat ini gerbong penumpang kereta api juga semakin bersih dan nyaman sehingga penumpang betah dan bisa menikmati perjalanannya. Karena semua penumpang telah diatur sedemikian rupa untuk mendapatkan tempat duduk, dan satu lagi saat ini tidak ada lagi pedagang asongan yang mondar-mandir dalam gerbong saat kereta sedang berjalan. Kereta Api Indonesia membagi pelayanannya menjadi tiga kelas yaitu Kelas Ekonomi Kelas Bisnis dan Kelas Ekskutif yang masing-masing kelas mempunyai kelebihannya masing-masing. Berikut keunggulan dari pembagian kelas di kereta api Indonesia :

Kereta penumpang Kelas Ekonomi
Kelas kereta api yang pertama adalah kereta api Kelas Ekonomi, dalam kereta api Kelas Ekonomi dibagi menjadi dua yakni Kelas Ekonomi dan Kelas Ekonomi AC. Meskipun sebenarnya semua Kelas Ekonomi sudah dilengkapi dengan fasilitas AC hanya memang belum ada nama yang resmi untuk membedakan tipe keduanya.

Terdapat beberapa nama tidak resmi yang menyebut bahwa Kelas Ekonomi sebagai Kelas Ekonomi AC Split (karena menggunakan AC Split) atau Kelas Ekonomi PSO Non Komersial yang mana Kelas Ekonomi ini mendapatkan subsidi dari pemerintah, kereta yang ini mempunyai fasilitas tempat duduk sebanyak 106 (24 baris) dengan susunan tempat duduk 2-3 (ABC-DE).

Info Pembagian Kelas KA di Indonesia
Nama tidak resmi lainnya adalah nama untuk kereta api Kelas Ekonomi AC yakni kereta api Kelas Ekonomi Biru (dinamakan demikian karena eksterior dari kereta ini berwarna biru) serta kereta api Kelas Ekonomi Komersial (disebut demikian karena kereta ini tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah). Kelas Ekonomi AC dibagi menjadi dua bagian yaitu Kelas Penumpang Umum dengan kapasitas tempat duduk 80 seat dan Kelas Penumpan Difabel yang mempunyai kapasitas penumpang 64 seat atau tempat duduk. Semua kereta api Kelas Ekonomi dilengkapi dengan AC, toilet, colokan listrik namun sandaran tempat duduk tidak bisa di pindah atau dibalik sehingga penumpang tetap dalam posisi berhadapan. Beberapa kereta api Kelas Ekonomi yang anda di Indonesia adalah KA Majapahit, KA Krakatau Ekspres, KA Bogowonto, KA Matarmaja dan lain-lain.

Kereta penumpang Kelas Bisnis
Kelas kereta api selanjutnya adalah Kelas Bisnis, kereta Kelas Bisnis ini mempunyai kapasitas tempat duduk sebanyak 64 (17 baris) dengan susunan tempat duduk 2-2 (AB-CD). Dalam kereta Api Kelas Bisnis fasilitas yang ada adalah dilengkapi dengan AC dan toilet, juga terdapat fasilitas lainnya seperti bantal dan selimut namun untuk bisa mendapatkan fasilitas ini penumpang harus mengeluarkan biaya tambahan alias tidak gratis. Sandaran tempat duduk di kereta api Kelas Bisnis juga dapat dibalik sehingga penumpang dapat duduk berhadapan. Pada umumnya harga tike kereta api Kelas Bisnis tidak jauh berberda dengan harga tiket kereta Kelas Ekonomi, namun dari segi kenyamanan kereta api Kelas Bisnis berada diatas kereta api Kelas Ekonomi.

Ada beberapa kereta api Kelas Bisnis di Indonesia, beberapa diantaranya yaitu KA Sidomukti yang melayani jurusan Yogyakarta-Solo Balapan PP, KA Mutiara Selatan yang melayani rute Bandung-Surabaya Gubeng PP, Sarangan Ekpres dengan rute Madiun-Surabaya Gubeng PP dan beberapa kereta Kelas Bisnis lainnya.

Kereta penumpang Kelas Eksekutif
Kelas kereta api yang terakhir adalah Kelas kereta api ekskutif, Kereta api Kelas Ekskutif merupakan kereta dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 50 atau 52 (13 baris) dalam satu gerbong dengan susunan tempat duduk 2-2 (AB-CD). Dalam kereta Kelas Ekskutif dilengkapi dengan fasilitas AC, TV LCD, sandaran kaki, colokan listrik, toilet serta ada fasilitas selimut dan bantal yang kesemuanya disediakan gratis. Tempat duduk di kereta Kelas Ekskutif juga dapat diputar sehingga bisa duduk saling berhadapan antara para penumpangnya. Bahkan di Kelas ini juga disediakan fasilitas meja lipat yang dapat dipergunakan sebagai meja makan, selain itu juga terdapat fasilitas untuk karaoke di kereta restorasi. Kereta api Kelas Ekskutif sendiri tebagi menjadi tiga yakni kereta Kelas Argo, Kelas Satwa dan Kelas Campuran.
Kereta api Kelas Ekskutif di Indonesia diantaranya KA New Argo Jati yang melayani jurusan Gambir-Cirebon PP, KA Argo Bromo Anggrek yang melayani rute Gambir-Surabaya Pasar Turi PP, KA Argo Wilis yang melayani rute Bandung-Surabaya Gubeng PP, KA Sembrani yang melayani jurusan Gambir Pasar Turi PP.

Demikian pembagian kelas di kereta api Indonesia beserta beberapa keunggulan yang dimiliki, silahkan memilih kereta api sesuai dengan tujuan dan tentunya sesuai dengan kemampuan dalam memilih Kelas demi kenyamanan perjalanan anda. Selamat menikmati perjalanan dengan kereta api dan nikmati segala sensasinya :)

0 Response to "Info Pembagian Kelas KA di Indonesia"

Posting Komentar